Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW M3 GTR, Mobil Edisi Terbatas yang Makin Terkenal karena Game ‘Need for Speed’

Berita Otomotif

BMW M3 GTR, Mobil Edisi Terbatas yang Makin Terkenal karena Game ‘Need for Speed’

BMW M3 GTR merupakan salah satu mobil performa tinggi legendaris dari pabrikan asal Jerman BMW. Namanya makin menjulang tinggi setelah masuk dalam gim balap ‘Need for Speed’.

Cukup banyak mobil sport (sports car) yang mengesankan dan bisa dikategorikan sebagai legenda. Hampir semuanya berasal dari tiga ‘kiblat’ otomotif dunia yaitu pabrikan Jerman, Jepang, atau pun Amerika Serikat.

Satu dari sekian nama yang patut disebut ialah BMW M3 GTR.

Kepopuleran mobil sport satu ini disokong oleh berbagai aspek. BMW M3 GTR tak hanya mengusung nama besar BMW, tapi juga memiliki kisah keberhasilan di dunia balap, desain eksterior mengesankan, performa trengginas, hingga pemasaran sukses yang disokong gim video ternama.

BMW M3 GTR

BMW M3 GTR awalnya diciptakan untuk mengikuti ajang-ajang balap. BMW kemudian menciptakan versi legal untuk jalan raya dalam jumlah sangat sedikit.

Artikel Mobil123.com kali ini ingin menginformasikan mengenai kisah manis BMW M3 GTR, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber. Ini juga merupakan penghormatan bagi model tersebut.

Kiprah BMW M3 GTR di Ajang Balap Dunia

BMW M3 GTR

Sebagai informasi, BMW M3 adalah versi performa tinggi dari BMW Seri 3. BMW M3 GTR sendiri kabarnya sudah diciptakan di eranya Seri 3 berkode E36 (1992-1999), dengan tujuan kebut-kebutan di trek.

Kendati begitu, BMW M3 GTR menjadi lebih populer pada periode Seri 3 berkode E46 (2000-2006). ‘Kelahirannya’ terjadi pada 2001, dengan mengusung mesin bensin P60B40 berkapasitas 3.997 cc V8 yang menggelontorkan tenaga 460 hp.

BMW M3 GTR dari era E46 dilaporkan sangat sukses dalam kompetisi American Le Mans Series (ALMS). Demi mengikuti lomba inilah, sang pabrikan menciptakan versi jalan raya dari BMW M3 GTR dalam jumlah kecil.

Porsche yang menjadi pesaing mereka di ALMS ketika itu sempat memprotes kehadiran BMW M3 GTR. Porsche menganggap mesin V8 milik BMW M3 GTR sebagai sebuah prototipe karena tidak ada model-model E46 lain yang menggunakannya, sehingga menyalahi ‘semangat Gran Turismo’.

Protes yang Porsche lakukan agaknya sukses. Pada 2022, penyelenggara ALMS lalu mengubah regulasi. Setiap mobil balap yang berlaga mesti punya versi jalan raya yang terjual minimal 100 unit, dengan mesin yang dipakai di model-model standar dengan akumulasi volume penjualan setidaknya 1.000 unit.

Alih-alih menaatinya, BMW yang diwakili oleh Schnitzer Motorsport lebih memilih minggat dari ALMS. Petualangan singkat BMW M3 GTR di kompetisi ini pun berakhir.

Schnitzer Motorsport kemudian melakukan ‘comeback’ di dunia pada 2023, dengan mengikutsertakan dua unit BMW M3 GTR dalam 24 Hours Nurburgring. Pada 2004 serta 2005, kedua unit itu mampu meraih Juara 1 dan Juara 2.

BMW M3 GTR juga tercatat pernah mengikuti antara lain 24 Hours Spa-Francorchamps 2004.

BMW M3 GTR Strassenversion (Versi Jalan Raya)

BMW M3 GTR

BMW M3 GTR Strassenversion alias Versi Jalan Raya mengaspal pada 2001, agar model itu bisa membalap di ALMS. Namun, jumlah produksinya bisa dihitung menggunakan jari.

Bagaimana tidak, pabrikan yang bermarkas di Munich ini hanya membuat 10 unit BMW M3 GTR Strassenversion, dengan harga yang saat itu menyentuh 250 ribu euro (Rp426,05 juta, 1 euro = Rp17.042,08).

Patut diduga, harganya sekarang bukannya terdepresiasi, tetapi malah naik karena populasinya yang jarang di seluruh dunia. Bisa jadi, harganya sekarang bisa bikin geleng-geleng kepala.

BMW M3 GTR Strassenversion masih mengusung mesin bensin P60B40 V8 berkapasitas 3.997 cc, dengan sistem lubrikasi dry-sump yang teruji di  berbagai kompetisi balap. Hanya saja, ada penyesuaian-penyesuaian di beberapa aspek seperti sistem pembuangan dan suara mesin yang membuat produksi dayanya mengecil menjadi 350 hp.

Girboks BMW M3 GTR Strassenversion juga berbeda. Transmisi sequential pada versi balap dicopot dan diganti oleh transmisi manual enam percepatan, ditambah two-disc motorsport clutch dan variable limited slip differential.

‘Larinya’ mampu digeber hingga menyentuh 295 km/jam. Sebagai perbandingan, BMW M3 biasa pada zaman itu dibatasi kecepatannya menjadi hanya 250 km/ jam atau 280 km/jam dengan penambahan beberapa komponen ekstra.

Penampakan BMW M3 GTR Strassenversion ditandai oleh bagian front skirt maupun rear skirt yang lebih panjang. Ada pula penambahan rear wing untuk memperbaiki aerodinamika (hambatan udara).

Beragam sisi bodi BMW M3 GTR Strassenversion dibuat dari material karbon. Hasilnya ialah berat kosong cuma 1.350 kg atau 185 kg lebih ringan daripada BMW M3 bertransmisi manual.

Kedua roda depan BMW M3 GTR Strassenversion berukuran 225/40, dengan pelek 19 inci. Sementara itu, roda-roda belakang berukuran 255/35, dengan pelek 19 inci.

BMW M3 GTR Strassenversion hanya tersedia dalam warna Titan Silver Metallic. Interiornya berwarna hitam, dengan dua jok kursi model sport. Tidak ada kursi baris kedua karena model ini dibuat dengan konsep reversed-engineering oleh BMW dari dunia balap.

Penampilan BMW M3 GTR di Video Game ‘Need for Speed’

BMW M3 GTR

BMW M3 GTR maupun BMW M3 GTR Strassenversion pernah ‘membintangi’ gim balap tersohor ‘Need for Speed’. Hal tersebut seakan menjadi bukti betapa ikonisnya mobil sport ini.

Di game ‘Need for Speed: Most Wanted, Carbon’, BMW M3 GTR terkenal dengan tampilan livery warna biru dan perak. Model ini juga hadir di ‘Need for Speed: World’, ‘Need for Speed Most Wanted 2012’, ‘Need for Speed No Limits’, ‘Need for Speed: Edge’, ‘Need for Speed: Heat’, dan ‘Need for Speed: Unbound’.

BMW M3 GTR pun nongol dalam game ‘GTR Evolution’ pada 2008.

BMW M3 GTR Strassenversion, di sisi lain, tampak dalam game video ‘Gran Turismo 4’, ‘Need For Speed World’, ‘Need for Speed: Carbon, serta ‘Need for Speed: Most Wanted’.

Kesimpulan

BMW M3 GTR

Dengan sejarah gemilang, desain memikat, performa luar biasa, teknologi canggih, dan kesuksesan di dunia gim, tak berlebihan jika mengatakan bahwa BMW M3 GTR memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta mobil sport sejati.

Keunggulan mobil ini tidak hanya terbatas pada tampilan fisik maupun kemampuan di jalan raya, tetapi juga tercermin lewat performa dan ketangguhannya di atas lintasan balap.

BMW M3 GTR telah lama menjadi salah satu ikon mobil sport di dunia otomotif yang menawarkan kombinasi sempurna antara performa tinggi dan desain yang memukau.

Para pemilik BMW M3 GTR Strassenversion sangat beruntung karena mereka tidak hanya mendapatkan sebuah mobil sport. Mereka juga mendapatkan salah satu warisan otomotif yang penuh dengan cerita menarik gubahan merek mobil premium Jerman BMW.

Jadi penasaran. Kira-kira, berapa, ya, harga BMW M3 GTR Strassenversion sekarang? [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang