Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW Gratis jadi Iming-Iming Pengembang Karena Apartemennya Tidak Laku

Berita Otomotif

BMW Gratis jadi Iming-Iming Pengembang Karena Apartemennya Tidak Laku

SHANGHAI – Sebuah pengembang properti di China memberikan promosi habis-habisan dengan cara memberikan BMW gratis pada para pembeli apartemen.

Sang pengembang yaitu China Merchants Shekou Industrial Zone Holdings Co., menurut Bloomberg beberapa waktu lalu, melakukan hal tersebut karena blok apartemen yang baru mereka dirikan di Shanghai kurang laku. Hanya puluhan dari ratusan unit kamar yang disediakan telah laku dibeli.

Rasa putus asa terpancar dari hadiah yang disediakan bagi pembeli. Bayangkan, satu unit BMW Seri 3 atau X1 akan langsung diberikan secara cuma-cuma kepada setiap pembeli unit apartemen dengan tiga kamar atau townhouse.

Hadiah mobil mewah asal Munich, Jerman ini setara dengan diskon 10 persen dari harga apartemen. Soalnya, satu unit dengan luas 89 meter persegi dikabarkan berbanderol 3,1 juta yuan atau sekitar Rp 6,71 miliar.

Tidak disebutkan varian dari Seri 3 atau X1 yang menjadi hadiah. Namun, bisa jadi itu adalah varian-varian bawah. Ini karena pajak tinggi di China membuat mobil mewah entry-level pun memiliki harga jual yang tergolong tinggi.

Program promosi ini menggambarkan kesulitan bisnis properti di ‘Negeri Tirai Bambu’, bahkan untuk hunian mewah yang menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Insentif besar untuk menyiasati syarat uang muka (down payment/DP) minimal yang disyaratkan pemerintah setempat, berbagai bentuk diskon, sampai dengan program kredit ringan bukan lagi strategi baru.

Situasi serupa terlihat di wilayah-wilayah sekitar China. Para pengembang properti di Hongkong, misalnya, sudah lazim mengiming-imingi para target konsumen mereka dengan hadiah semisal liburan atau paket perjalanan gratis.

“Proyek-proyek properti bukan lagi sesuatu yang mudah dijual,” kata Sabrina Wei, Head of Northern China Research at Cushman & Wakefield Inc. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang