Bikin Audio Mobil Standar Pabrik jadi Maksimal

Berita Otomotif

Bikin Audio Mobil Standar Pabrik jadi Maksimal

JAKARTA - Sistem audio mobil yang mumpuni merupakan salah satu fitur yang menyokong kenyamanan saat berkendara

Saat membeli mobil baru, manufaktur menawarkan sistem entertainment yang sesuai dengan kelas atau segmennya. Semakin mahal harga mobil, maka sistem hiburan yang dijejalkan di dalamnya akan tambah berkualitas. Padahal fitur entertainment dalam kendaraan sangat berperan penting untuk memberikan kenyamanan para penggunanya.

Beberapa konsumen yang tidak puas dengan hasil audio bawaan pabrik, akan mengganti komponen tersebut dengan produk aftermarket. Namun dengan melakukan upgrade komponen, konsumen memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Terlebih jika konsumen menginginkan sistem audio yang memiliki banyak fitur tambahan. Pada umumnya pemilik mobil memilih untuk mengganti head unit bawaan pabrik dengan produk aftermarket. Lalu jika ingin maksimal mereka menambahkan speaker, subwoofer hingga power amplifier.

Hasilnya alunan musik yang dihasilkan dapat memanjakan telinga pemilik maupun pengguna kendaraan. Lalu bagaimana untuk konsumen yang memiliki dana minim. Apakah mereka juga bisa menikmati sajian hiburan yang membuat betah selama perjalanan?
Svigna Audio
Svigna Audio merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan sistem audio mumpuni, bak berada di tengah-tengah konser maupun studio pribadi. Gerai satu ini memiliki sejarah panjang di dunia audio khususnya otomotif.

“Sistem audio mobil yang dikasih sama pabrikan biasanya kurang baik kualitasnya. Kita di sini membuat audio standar mobil menjadi maksimal dengan budget lebih terjangkau. Ada beberapa kendaraan yang sudah dikasih sistem audio sudah cukup bagus, jadi tinggal ganti beberapa komponen di dalamnya saja,” ucap Anton selaku penggawa Svigna Audio.

Ia mengatakan bahwa banyak konsumen yang melakukan upgrade pada sistem audio mobilnya. Namun disebutkan tidak banyak orang yang mengetahui fungsi-fungsi dari komponen yang dipasangkan. Sehingga tidak jarang konsumen kerap tidak puas meskipun telah menghabiskan dana yang cukup besar.

“Seni merdunya dinamika instrument musik akan dapat didengar nyata perbedaan nya dari nilai component yang presisi oleh produk terbaik. Dan ini termasuk seni yang memerlukan kecermatan. Kalau satu kesatuannya tidak ketemu, output yang dihasilkan tidak akan maksimal. Jadi banyak konsumen balik lagi karena tidak puas dengan hasilnya,” jelasnya kemudian.
Svigna Audio
Svigna Audio yang berlokasi di BSD Autoparts ini melakukan ubahan terbarunya pada Suzuki Ertiga lawas. Head unit bawaan pabrik dirombak beberapa komponen di dalamnya, sehingga mampu menghasilkan output lebih baik dari sebelumnya.

Gerai audio ini melakukan penggantian Elco yang berfungsi sebagai kondensator pada jeroan head unit Ertiga. Hasilnya suara yang dihasilkan terdengar lebih lebar frekuensinya. Ditambah lagi dengan tweeter tambahan, suara vokal lebih terdengar jernih. Biaya yang dibutuhkan untuk memaksimalkan audio standar bawaan pabrik dikatakan terjangkau.
Svigna Audio
“Tarifnya terjangkau kok, kalau ubahannya tidak terlalu banyak biasanya sekitar Rp 500 ribu. Kita lihat dulu mobilnya apa, kalau buatan Eropa biasanya sudah bagus jadi yang diganti tidak banyak,” jelasnya kemudian. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar