Belum Meluncur, Kok Toyota Raize-Daihatsu Rocky Dapat PPnBM 0 Persen?

Berita Otomotif

Belum Meluncur, Kok Toyota Raize-Daihatsu Rocky Dapat PPnBM 0 Persen?

JAKARTA – Dari puluhan model kendaraan yang menerima insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen mulai Maret 2021, hanya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang belum resmi meluncur.

Seperti diberitakan sebelumnya, 21 model mobil mendapat relaksasi PPnBM pada Maret hingga Desember 2021 sehingga harga jualnya turun. Stimulus fiskal di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) itu diberikan bertahap, dimulai dengan PPnBM 0 persen pada Maret – Mei mendatang.

Selanjutnya adalah insentif PPnBM 50 persen dari tarif pada Juni – Agustus. Tahap terakhir terjadi pada September – Desember dengan pemberian insentif PPnBM 25 persen dari tarif.

Tidak semua mobil baru di pasar otomotif dapat menikmatinya. Hanya kendaraan penumpang--sedan/nonsedan--rakitan lokal dengan komponen lokal minimal 70 persen, berkapasitas mesin bensin/diesel 1.500 cc ke bawah, plus berpenggerak dua roda (4x2) yang berhak.

Sebanyak 19 model penerima ‘hadiah fiskal’ dari pemerintah telah meluncur dan dijual di Indonesia. Misalnya saja Toyota Avanza, Daihatsu Terios, Wuling Confero, dan Honda Mobilio.

Tapi, ada dua nama yang belum hadir di pasar yaitu SUV kompak Raize dan Rocky.

Daihatsu Rocky Dapat Insentif PPnBM 0 Persen pada 2021

Daihatsu buka suara mengenai isu tersebut. Mereka mengaku sengaja mendaftarkannya ke daftar penerima relaksasi PPnBM dari pemerintah.

Alasannya ada tiga. Pertama karena Rocky direncanakan mengaspal di periode relaksasi pajak yaitu antara Maret sampai Desember tahun ini.

Kedua, ketika resmi meluncur nanti, Rocky sudah memenuhi persyaratan dari pemerintah mengenai model yang berhak menerima kelonggaran PPnBM. Ketiga, Daihatsu tidak menerima informasi apakah daftar model penerima relaksasi tersebut bisa direvisi di tengah jalan.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar Amelia Tjandra selaku Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui keterangan resmi pada Rabu (3/3/2021).

Toyota pun mengakui Raize memang ada di dalam daftar. Tapi, berbeda dengan Daihatsu, mereka masih tidak bersedia memberikan latar belakang mengapa Raize menerima PPnBM 0 persen pada Maret – Mei.

Toyota Raize dapat PPnBM 0 persen mobil baru pada 2021

“Saya belum bisa berkomentar lebih mendetail,” ujar Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) melalui pesan singkat kepada Mobil123.com.

Pemerintah memberikan satu stimulus lagi bagi industri otomotif di tengah pandemi Covid-19 yaitu kelonggaran uang muka (Down Payment/DP) kredit kendaraan bermotor hingga 0 persen. Masa berlakunya ialah Maret – Desember tahun ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar