Beli Mobil Mewah Bekas Banyak Syaratnya

Panduan Pembeli

Beli Mobil Mewah Bekas Banyak Syaratnya

JAKARTA – Membeli mobil mewah bekas secara kredit ternyata tidak semudah bila membeli mobil bekas biasa.

Hal ini karena membeli mobil bekas mewah aturannya lebih ketat dibandingkan dengan kredit mobil bekas biasa. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah pada DP kredit mobil harus sesuai dengan aturan OJK dan laporan keuangan pembeli.

“Jadi kalau mobil bekas biasa, banyak yang memberikan program DP murah. Nah kalau kredit mobil mewah bekas, itu tidak bisa. Biasanya kalau di mobil mewah bekas itu 30 persen dari harga mobil tersebut,” ungkap Heri manager dari dealer mobil mewah bekas Taruna.

Jumlah DP tersebut pun bisa berubah-ubah sesuai dengan aturan dari leasing dan kondisi laporan keuangan konsumen. Selain itu, jenis dan tipe kendaraan pun ternyata memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam penentuan DP.

“Kalau laporan keuangannya sehat, maka dia bisa DP hanya 30 persen dari harga mobil. Tapi kalau kurang sehat, bisa lebih. Rata DP justru ada dikisaran 40 persen dari harga mobil. Sementara untuk jenis kendaraan yang DPnya juga besar biasanya adalah mobil-mobil dengan populasi sedikit,” tambahnya kemudian.

Tak hanya itu, untuk waktu tenor pembayaran, Ia menyarankan agar konsumen tidak terlalu lama untuk mencicilnya. Hal ini untuk mengindari jumlah bunga yang lebih besar.

“Usahakan untuk kurang dari 3 tahun. Sebab kalau sudah lebih dari 3 tahun maka bunganya lebih besar. Kalau tenor kurang dari 3 tahun, maka biasanya bunga hanya ada disaran 8 persen. Tapi kalau lebih dari 3 tahun, maka bunganya lebih dari banyak 1 persen dibanding tenor di bawah 3 tahun,” pungkasnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual