Begini Lho Cara Parkir Mobil yang Benar

Panduan Pembeli

Begini Lho Cara Parkir Mobil yang Benar

Setiap pengemudi harus mengetahui cara parkir mobil yang benar dan baik untuk meminimalisir risiko kemungkinan menabrak kendaraan lain atau terlalu banyak memakan area parkir.

Tidak sedikit pengemudi mobil yang kurang menguasai cara parkir yang benar dan baik khususnya bagi mereka yang baru bisa mengemudi. Kurangnya pengalaman dan tidak adanya bantuan dalam memarkirkan kendaraan akan membuat kondisi tersebut menjadi semakin sulit.

Memarkirkan mobil bukan sesuatu perkara mudah, karena harus konsentrasi penuh dan dilakukan dengan teknik yang tepat. Kondisi tersebut menyebabkan banyak orang yang pada akhirnya memarkirkan kendaraan dengan sesuka hati, sehingga merugikan pengguna kendaraan lain.

Nah, sebagai masukan bagi Anda yang ingin melancarkan atau tengah belajar parkir mobil yang benar, berikut ini beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa dipraktikkan.

Kuasai Area Parkir

Menguasai medan jalan tidak hanya harus dilakukan untuk pengendara saat melakukan perjalanan, tapi juga saat memarkirkan kendaraan. Bedanya, saat memarkirkan kendaraan, Anda harus fokus untuk menguasai area parkir saja. 

Cara parkir yang benar

Saat hendak parkir, pastikan bahwa Anda sudah paham betul area parkirnya. Untuk memudahkan, maksimalkan jarak pandang Anda dengan memanfaatkan spion atau bila perlu menoleh ke belakang agar lebih pasti.

Kemudian letakkan tangan kanan di posisi jam 12 pada lingkar kemudi. Setelah itu, lihat bagian luar sebelah kiri mobil untuk mengetahui kondisi sekitar.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan bagian depan meski sembari berbelok sambil mundur. Ini untuk menghindari bagian depan mobil menabrak.

Jangan Tegang

Cara parkir yang benar

Sebagaian pengemudi mobil merasa tegang saat ingin memarkirkan kendaraanya. Hal ini terbilang wajar, karena cara parkir mobil yang baik dan benar tidaklah mudah, selain itu pengemudi juga menjaga supaya mobilnya tidak menyenggol kendaraan lain.

Sebaiknya hindari rasa tegang dan terburu-buru saat hendak memarkirkan mobil. 

Memarkirkan mobil dalam posisi tegang bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan orang lain. Oleh karena itu, buang jauh-jauh rasa tegang Anda agar bisa memarkirkan kendaraan dengan benar, sehingga posisi mobil bisa terparkir secara pas.

Pahami Arah Belok

Mungkin kata ‘belok’ terdengar sederhana, karena setiap orang yang berkendara pasti pernah membelokkan kendaraannya. Namun, berbelok saat parkir mundur tentunya akan sangat berbeda.

Perlu diingat bahwa, bila ingin parkir mundur ke arah kanan, maka lingkar kemudi harus diputar ke arah kanan. Demikian pula sebaliknya, saat hendak membelokkan mobil ke kiri, maka Anda harus memutar kemudi ke arah kiri.

Gunakan Rem dan Mundur Perlahan

Untuk memastikan mobil terparkir dengan baik, maka Anda harus mengendalikan gas dan rem. Hal ini untuk memastikan mobil tidak meluncur terlalu deras saat parkir.

Bila sudah menemukan ruang parkir yang dianggap ideal, maka arahkan mobil ke sisi ruang parkir. Setelah itu, sejajarkan engsel pintu belakang dengan garis area parkir.

Kemudian mundurkan mobil secara perlahan sembari memutar lingkar kemudi menuju ruang parkir. Pastikan bahwa bumper belakang sudah sejajar dengan bagian depan mobil yang sudah terparkir.

Setelah itu, masukkan transmisi ke gigi mundur. Putar kemudi ke arah berlawanan hingga mentok sambil mundur secara perlahan. Jangan lupa untuk kembali memeriksa spion dan bagian belakang kendaraan guna memastikan kondisi belakang kendaraan.

Luruskan lingkar kemudi saat bahu sejajar dengan bumper depan mobil di kanan dan kiri. Kemudian luruskan setir dan mundur secara perlahan serta pastikan meninggalkan mobil saat kondisinya memang sudah lurus.

Cara Parkir Mobil Paralel

Tak selamanya parkir kendaraan seindah yang dikira. Terkadang pengendara harus melakukan penyesuaian untuk mendapatkan lahan parkir.

Salah satu umum dilakukan adalah dengan melakukan parkir paralel. Untuk parkir paralel, teknik yang digunakan sedikit berbeda dan banyak orang yang mengalami kesulitan.

Berikut adalah beberapa langkah parkir paralel yang cukup aman untuk dilakukan.

Sejajarkan Mobil

Cara pertama yang harus dilakukan saat parkir mobil secara paralel adalah menemukan lokasi yang pas.

Bila sudah menemukannya maka sejajarkan mobil dengan kendaraan lain yang sudah terparkir terlebih dahulu. Kemudian sejajarkan mobil dengan jarak sekitar setengah meter baru kemudian pindahkan perseneling ke posisi mundur.

Setelah itu putar kemudi ke arah kanan hingga mentok.

Mundurkan Mobil dengan Sudut 45 Derajat

Setelah melalui tahap pertama, maka selanjutnya adalah memundurkan mobil secara perlahan dan membentuk sudut 45 derajat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memperhatikan kaca spion sebelah kiri saat memundurkan mobil.

Bila di kaca spion sudah terlihat bagian tengah hingga belakang mobil, maka boleh dikatakan Anda sudah membentuk sudut 45 derajat.

Selain menggunakan spion, pengendara juga bisa memanfaatkan kamera belakang. Caranya dengan mengaktifkan kamera melalui head unit dan Anda melihat tampilannya dari sana

Luruskan Setir

Jika posisi mobil dirasa sudah pas, maka segera meluruskan posisi roda dengan memutar setir lalu memundurkan mobil secara perlahan.

Perhatikan Posisi Mobil

Langkah berikutnya adalah memperhatikan bagian depan dan belakang mobil. Ketika posisinya sudah dimundurkan lurus ke belakang dengan sudut 45 derajat.

Pada tahap ini, pengendara dapat menghentikan mobil apabila posisi bagian depan kendaraan sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang berada di depannya.

Putar Setir Penuh ke Kiri

Ketika posisi ujung mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang terparkir di depannya, maka itu artinya pengendara harus memutar setir kemudi ke arah kiri hingga mentok dan penuh.

Setelah itu, silakan mundurkan lagi kendaraan secara perlahan hingga seluruh bodinya mudah masuk ke area parkir paralel yang disediakan.

Saat memosisikan mobil untuk masuk ke area parkir, tetap fokuskan pandangan ke kaca spion agar posisi kendaraan bisa pas.

Meluruskan Roda Depan

Selanjutnya adalah mengatur kembali posisi setir supaya posisi roda lurus ke depan. Hal ini hanya bisa dilakukan saat seluruh bagian kendaraan sudah tepat sejajar dengan kendaraan depan.

Bila posisi mobil belum pas, maka putar kembali setir ke arah kanan secukupnya, majukan mobil dan mundurkan dengan memutar setir ke arah kiri. Setelah itu, mundurkan perlahan hingga posisinya sudah sejajar dan lurus.

Memaksimalkan Fitur Bantuan Pengemudi

Tidak bisa dipungkiri bahwa, memarkirkan mobil adalah sebuah kegiatan yang terbilang cukup sulit. Untuk itu di mobil modern saat ini sudah ada banyak fitur yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam memarkirkan kendaraannya. Mulai dari kamera mundur, sensor parkir hingga di beberapa mobil ada fitur parkir otomatis.

Tentunya dengan fitur-fitur tersebut akan memudahkan pengendara dalam memarkirkan kendaraan.

Meski demikian patut diketahui bahwa, fitur-fitur bantuan pengemudi sifatnya hanyalah untuk mempermudah. Kemampuan pengemudi dalam mengendalikan kendaraan masih menjadi senjata utama. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar