Bedah Mesin Diesel Isuzu

Panduan Pembeli

Bedah Mesin Diesel Isuzu

BEKASI – Diesel dikenal sebagai mesin yang memiliki konsumsi bahan bakar rendah, punya beberapa kelemahan khususnya dalam kenyamanan.

Hal tersebut diamini oleh Sales Support Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Reiner Tandiono. Ia mengatakan bahwa meski banyak manfaatnya, namun mesin diesel memiliki beberapa kelemahan.

“Karena itu saat ini mesin diesel sudah berkembang. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi-teknologi baru seperti teknologi Common Rail,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan mesin diesel sebenarnya lebih banyak kelebihan ketimbang kelemahannya. Keuntungan pertama adalah mesin diesel mempunyai efisiensi panas yang lebih besar. Hal ini berarti penggunaan bahan bakarnya lebih ekonomis dari mesin bensin.

Selain itu, mesin diesel lebih tahan lama dan tidak perlu elektrik igniter. Hal ini berarti kemungkinan kesulitan lebih kecil dari mesin bensin.

“Dengan demikian, maka komponen pada mesin menjadi lebih sedikit. Komponen lebih sedikit artinya biaya perawatan mesin diesel akan menjadi lebih murah dibanding dengan mesin bensin,” tambahnya kemudian.

Momen pada mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Karena itulah torsi yang dihasilkan oleh mesin diesel umumnya lebih besar ketimbang mesin bensin. Besarnya torsi tersebut biasanya dibutuhkan oleh kendaraan komersial karena membawa beban yang lebih besar dan membutuhkan torsi besar sedari awal.

Tekanan pembakaran maksimum hampir dua kali mesin bensin. Tekanan yang lebih besar membuat pembakaran lebih efektif dan irit bahan bakar namun mengakibatkan suara dan getaran mesin diesel lebih besar.

“Kondisi tersebut kini sudah mulai teratasi dengan penggunaan teknologi common rail. Teknologi ini berhasil untuk mengurangi getaran dan suara mesin sehingga kenyamanan berkendara lebih meningkat dibanding mesin diesel konvensional,” jelasnya.

Tekanan pembakaran lebih tinggi, maka mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan tekanan tinggi serta mempunyai struktur sangat kuat. Dengan ini maka pelanggan tidak perlu khawatir komponen kendaraannya mudah rusak. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual