Daihatsu Rocky Masih Mengambang, Toyota Raize Belum Ada Kode

Berita Otomotif

Daihatsu Rocky Masih Mengambang, Toyota Raize Belum Ada Kode

JAKARTA – Toyota belum mau mengungkap apakah pihaknya akan meluncurkan Toyota Raize ke Indonesia secara gamblang.

Meski penjualan SUV Toyota selama pandemi diklaim cukup positif, mereka masih enggan mengungkap apakah akan menghadirkan Raize ke Indonesia. Hal ini sedikit berbeda dengan Daihastu yang mulai memperlihatkan gelagat akan membawa Daihatsu Rocky, kembaran Toyota Raize di Indonesia.

Gelagat tersebut ditunjukkan dengan mulai gencarnya Daihatsu dalam mengenalkan Rocky ke masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan memperlihatkan bahwa mobil tersebut telah lulus uji keselamatan Japan New Car Assessment Program (JNCAP) dan berhasil meraih hasil terbaik.

Padahal, bila Toyota Raize dibawa oleh Toyota bersama dengan Daihatsu Rocky, maka ini akan menjadi duet menarik untuk mengalahkan Suzuki Jimny yang selama ini menjadi pusat perhatian. Terlebih, duet antara Toyota dan Daihatsu selama ini selalu berhasil meraih respon positif.

“Apakah nanti akan seperti Avanza-Xenia? Saya belum bisa menjawabnya,” terang Anton.

Bila benar kolaboarasi akan dilakukan seperti Avanza-Xenia, maka Raize-Rocky berpotensi untuk menguasai segmen SUV kecil. Hal ini terlihat dari mendominasinya penjualan hasil kerjasama mereka seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra.

“Saya belum bisa beri komentar banyak terlebih untuk produk baru. intinya konsumen tidak perlu khawatir. Toyota dengan kondisi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini semua develpment, launching, studi produk baru tetap berjalan terus. Ini karena kami yakin Covid-19 tidak akan terus-menerus (berlangsung),” ungkapnya.

Toyota Raize merupakan SUV compact lima penumpang yang dikenalkan pada Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Raize merupakan ‘saudara’ dari Daihatsu Rocky karena dikembangkan bersama-sama oleh kedua pabrikan.

Panjangnya tak sampai empat meter, tepatnya 3.995 mm, dengan lebar 1.695 mm. Bemper depan serta fendernya cukup terlihat menonjol ditambah pelek 17 inchi. Mobil ini dibangun di atas platform Daihatsu Next Generation Architecture (DNGA). Kapasitas bagasi jika kursi baris kedua ditegakkan adalah 303 liter dan dapat ditingkatkan menjadi 369 liter dengan merebahkannya.

Mesinnya berkapasitas 1.0-liter turbo yang menggelontorkan tenaga setara 1.5-liter. Daya dari mesin disalurkan melalui transmisi otomatis D-CVT. Untuk fiturnya, Toyota Raize dilengkapi dengan Smart Assist yang terdiri dari Adaptive Cruise Control with All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function, Crash Avoidance Braking Function, The Erroneous Start Prevention Function

Di Jepang, Toyota Raize dijual dengan harga menarik yaitu Rp 200 jutaan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar