Beda Debut All-new Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Beda Debut All-new Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander

JAKARTA – Suzuki Ertiga digadang menjadi penantang serius Mitsubishi Xpander, sang raja baru di kelas low MPV. Lalu bagaimana perbedaan fenomena ketertarikan konsumen saat pertama kali mobil-mobil ini diluncurkan?.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hadir dengan membawa all-new Suzuki Ertiga pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Selama 11 hari pameran, PT SIS pun mengklaim bahwa mobil tersebut telah terjual sebanyak 764 unit atau menyumbang 54,15 persen dari total pemesanan kendaraan Suzuki di IIMS 2018. Total, Suzuki berhasil menjual sebanyak 1.411 unit kendaraan mobil pada ajang tersebut.

“Kami berharap pencapaian ini dapat menjadi awal yang baik untuk meningkatkan penjualan produk-produk Suzuki kedepannya dengan program-program pemasaran yang akan hadir sepanjang tahun ini,” tutur Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Menariknya, meski berhasil menjual cukup banyak, harga resmi dari Suzuki Ertiga belumlah disampaikan secara resmi. Hingga kini, informasi yang kami dapatkan, harga Suzuki Ertiga tidak akan lebih dari Rp 240 juta.

Kondisi tersebut sedikit berbeda dibandingkan debut Mitsubishi Xpander di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ketika itu, Mitsubishi langsung menggebrak dengan menyebutkan harga resmi (Rp 189,05 juta hingga Rp 245,350 juta) serta promo menarik.

Promo tersebut di antaranya adalah cicilan 2 jutaan per bulan, DP ringan, waktu tenor hingga 10 tahun serta gratis biaya jasa perawatan. Dengan promo tersebut, Mitsubishi Xpander pun menjelma menjadi salah satu model terlaris di ajang GIIAS 2017. Tercatat, SPK Mitsubishi Xpander berhasil mencapai 5.281 SPK.

Angka tersebut memang jauh di atas capaian all-new Ertiga di IIMS 2018, namun perlu dicatat bahwa Suzuki hingga kini masih merahasiakan harga dari MPV andalannya tersebut. Bukan tidak mungkin, bila Suzuki menyampaikan harga resmi, serta memberikan promo menarik seperti yang dilakukan Mitsubishi, jumlah penjualan akan meningkat.

Tapi strategi dari masing-masing APM memang berbeda, tinggal bagaimana masyarakat bisa menerima strategi tersebut dengan baik atau tidak. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual