Batu Jutaan Kilogram Timpa Jalan Tol

Berita Otomotif

Batu Jutaan Kilogram Timpa Jalan Tol

COLORADO - Batu berbobot jutaan kilogram menimpa jalan tol di Amerika Serikat (AS) dan akhirnya dijadikan sebuah tugu peringatan.

Batu raksasa tersebut, seperti dikutip dari Carscoops, menimpa Highway 145 di Colorado pada akhir Mei kemarin. Bobotnya mencengangkan karena mencapai 3,85 juta kg.

Departemen Transportasi negara bagian itu awalnya ingin memindahkan atau melenyapkannya. Mereka mengeksplorasi berbagai cara, termasuk potensi meledakkan batu terlebih dahulu dengan bom agar lebih mudah menyingkirkannya.

Namun, keputusan akhir yang diambil akhirnya adalah membiarkan batu berukuran sangat mencolok ini dan menjadikannya sebagai tugu peringatan bernama ‘Memorial Rock’. Regulator setempat lebih memilih merekayasa ulang jalur jalan tol.

“Hadirin, perkenalkan, ini, Memorial Rock. Kami tak akan menghancurkan batu 3,85 juta kg dan berukuran sebesar rumah tersebut. Daripada memilih langkah itu, kami akan menjadikannya tugu peringatan dan menyelamatkan uang dari para pembayar pajak,” tulis Jared Polis, Gubernur Colorado, di akun resmi Twitternya.

Pembuat kebijakan tak segan-segan menggelontorkan dana luar biasa banyak. Bayangkan saja, estimasi anggaran yang diperlukan adalah sekitar 1,3 juta dollar AS atau setara dengan sekitar Rp 18,53 miliar.

Keputusan tersebut dianggap paling bijak. Pasalnya, biaya untuk meledakkan dan menyingkirkan pecahan batu raksasa ini, setelah dihitung-hitung, malah lebih besar sekitar 200 ribu dollar AS (Rp 2,85 miliar).

Batu jutaan kilogram yang membuat masalah ini berasal dari bukit di pinggir jalan tol dan jatuh dari ketinggian sekitar 304 meter. Sebenarnya masih ada satu lagi batu seberat 1,13 kg, tapi pemerintah negara bagian Colorado dapat meledakkannya.

Jared tidak mengatakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyusun ulang jalur Highway 145. Tidak dijelaskan pula kapan Memorial Rock akan mulai dibuka.

Pastinya, batu superbongsor tersebut akan menyita banyak perhatian masyarakat yang melewatinya. Jika hal seperti ini terjadi di Indonesia,bisa jadi banyak kendaraan bakal melipir minggir dan malah menggelar tikar di sampingnya untuk tamasya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support