Ban Tubeless Sering Bocor Halus? Tiga Hal Ini Penyebabnya

Panduan Pembeli

Ban Tubeless Sering Bocor Halus? Tiga Hal Ini Penyebabnya

JAKARTA – Ban tubeless mobil atau motor yang sering bocor halus bisa disebabkan oleh beberapa alasan.

Bicara ban, saat ini antara lain ada jenis tubeless dan tubetype. Tipe tubeless menjanjikan rasa aman dan nyaman lebih, karena lebih tahan bocor ketimbang tubetype yang masih menggunakan ban dalam.

Kebocoran yang terjadi pada ban tubeless biasanya juga terjadi perlahan-lahan, atau disebut juga ‘bocor halus’. Dengan begitu, mungkin masih ada waktu bagi pengemudi untuk menyadari ban mengalami kebocoran, kemudian mencari bengkel atau tempat tambal ban.

ban tubeless

Lantas, bagaimana kalau ban tubeless mobil atau motor sering bocor halus? Situs resmi Auto2000 baru-baru ini mengungkap tiga hal yang menyebabkan itu terjadi.

Berikut adalah paparannya:

  • Tapak Ban Sudah Aus

Bisa jadi, ban tubeless kendaraan sering bocor halus karena tapaknya sudah aus dan usang. Alasan ini makin berpotensi terjadi kalau ban yang dipakai sudah ‘berumur’, apalagi kalau kerap menerabas medan landai karena selalu bergesekan dengan benda-benda halus.

Ingat-ingat berapa usia ban tubeless yang kerap bocor halus. Jika alasan ini yang terjadi, ban mesti diganti. Tidak ada cara lain.

ban tubeless

  • Pentil Ban Bocor

Kalau usia ban tubeless masih relatif ‘muda’ tapi sering bocor halus, sumber masalahnya bisa saja dari pentil yang bocor karena kendor. Pentil sendiri merupakan bagian dari ban yang berfungsi sebagai jalan masuk tekanan angin.

Maka dari itu, pentil yang bocor menyebabkan angin dari dalam ban keluar perlahan sampai akhirnya habis.

  • Sambungan Ban dan Pelek Bocor

Alasan terakhir ialah adanya kebocoran pada sambungan ban tubeless dengan pelek roda. Sambungan di antara keduanya kadang menjadi kurang rapat dan ini dapat diperbaiki dengan merekatkannya lagi dengan lem.

Kebocoran sambungan ban tubeless dengan pelek roda dapat pula timbul akibat pelek yang penyok. Oleh karena itu, disarankan agar tidak mengemudi secara agresif apalagi kalau jalanan tidak dalam kondisi yang baik atau rusak parah. [Xan/Ses]

Sedang cari mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau? Cek saja di sini.



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar