Aturan yang Bikin Harga Mobil Listrik Terjangkau Bisa Terbit Bulan Ini

Berita Otomotif

Aturan yang Bikin Harga Mobil Listrik Terjangkau Bisa Terbit Bulan Ini

JAKARTA - Regulasi low carbon emission vehicle (LCEV), yang berisi insentif pajak bagi mobil hybrid dan mobil listrik, bisa jadi terbit sebentar lagi. Bahkan, ada kemungkinan aturan itu terbit pada Juli ini.

Pemerintah sudah menyusun regulasi LCEV untuk mempromosikan mobil-mobil berteknologi ramah lingkungan sejak beberapa tahun terakhir. Terbitnya peraturan ini sudah mundur dari perkiraan beberapa kali.

Terakhir, ada kabar bahwa regulasi LCEV akhirnya akan diteken pada Maret atau April 2019. Namun, hingga awal Juli, ‘hilal’ terkait aturan tersebut belum juga ada.

“Kami mengerti, pemerintah lagi berjuang membereskan ini dan sampai detik ini regulasi belum juga keluar. Tapi yang kami dengar terakhir, mudah-mudahan sebelum GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019 sudah bisa keluar,” ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menanggapi pertanyaan Mobil123.com pada Selasa (2/7/2019) di Jakarta.

GIIAS 2019 sendiri dijadwalkan berlangsung sekitar dua pekan lagi, tepatnya pada 18 - 28 Juli di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Akan ada 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan niaga, 11 merek sepeda motor yang berpartisipasi di sana.

“Coba nanti kami lihat lagi karena pada Kamis atau Jumat kami akan melakukan kunjungan ke Kementerian Perindustrian. Mudah-mudahan Pak Airlangga (Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian) bisa menerima kami karena kunjungan sudah dijadwalkan. Di sana, kami akan menanyakan lagi,” lanjut Nangoi.

Merek-merek otomotif Tanah Air sendiri sudah menanti-nanti aturan ini. Bahkan, ada yang telah memastikan untuk meluncurkan mobil hybrid atau mobil listrik murni dengan memanfaatkan insentif pajak dalam regulasi LCEV.

Di antaranya adalah Toyota yang ingin menjual mobil hybrid murah di sini, bahkan sudah memastikan perakitan lokal mobil hybrid mulai 2022. Ada pula Nissan, dengan mobil hybrid Note e-Power plus mobil listrik Nissan Leaf.

Kedua mobil ramah lingkungan Nissan ini kemungkinan sama-sama meluncur di Nusantara pada 2020. Di luar itu, ada Mitsubishi yang sudah lama ingin mengaspalkan Outlander PHEV, juga merek-merek mobil premium semisal Mercedes-Benz. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar