Aturan Pajak Terkini Bikin Harga Subaru Forester Kompetitif Meskipun AWD

Berita Otomotif

Aturan Pajak Terkini Bikin Harga Subaru Forester Kompetitif Meskipun AWD

TANGERANG - Harga Subaru Forester di Indonesia bisa lebih rendah dari Honda CR-V Turbo, meskipun menyandang all wheel drive (AWD). Aturan pajak baru memungkinkan itu terjadi.

Forester meluncur di Indonesia Rabu (18/5/2022) dan menandakan kembalinya Subaru di pasar Indonesia di bawah agen pemegang merek baru. Sebelum itu, mereka telah absen sekitar delapan tahun.

Harga on the road (OTR) Jakarta Forester Rp5795 juta untuk tipe L serta Rp659,5 juta untuk tipe S EyeSight.

Sebagai gambaran, banderol OTR Jakarta salah satu pesaingnya yakni CR-V Turbo dimulai dari 590,9 juta pada Mei 2022. Adapun tipe termahalnya yaitu Prestige Honda Sensing Black Edition Rp666,4 juta.

Subaru Forester 2022

Chief Operating Officer PT. Plaza Auto Mega Arie Christopher membantah pemosisian harga tersebut bertujuan untuk ‘mencuri’ pasar CR-V Turbo.

“Positioning (pemosisian) harga ini merupakan hal tricky atau hal sensitif. Saya tidak bilang pemosisian ini mencuri pasar karena memang Subaru itu cukup niche dan cukup unik. Jadi, kami tidak pernah berpikir bahwa kami ini mencuri pasar, mencuri pangsa pasar. Saat ini belum,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam seremoni peluncuran di Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

Pemosisian harga Forester yang kompetitif walaupun AWD alias berpenggerak semua roda, lanjut dia, terjadi berkat regulasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terkini yang berlaku mulai 16 Oktober 2021.

“Memang regulasi pemerintah saat ini untuk PPnBM tidak lagi ditentukan sistem penggerak roda. PPnBM ditentukan oleh emisi gas buang dan mesin 2.000 cc NA (Forester) ini memberikan keuntungan tersendiri buat kami karena gas buangnya sangat rendah, sehingga kami bisa menikmati PPnBM cukup rendah sesuai peraturan pemerintah yang baru,” papar Arie.

Subaru Forester 2022

Forester, menurut Arie, dibawa untuk menunjukkan sebuah alternatif anyar kepada para penggemar sport utility vehicle (SUV) di Tanah Air.

“Kami mempunyai SUV yang memang benar-benar SUV sesungguhnya dengan penggerak empat roda symmetrical, dengan harga yang cukup kompetitif, dan fitur-fitur cukup lengkap bahkan boleh dikatakan sangat lengkap,” ujar mantan bos Ferrari Jakarta ini.

Forester yang mengaspal di Tanah Air merupakan generasi kelima tahun model 2022 diimpor utuh (Completely Built Up/CBU) dari Jepang. Tiga teknologi intinya ialah Subaru Global Platform, mesin Boxer, serta Symmetrical AWD.

Forester tipe S EyeSight tampil lebih mewah, tangguh, canggih dengan berbagai tambahan. Misalnya saja X Mode, Sunroof, material jok kulit Nappa, sistem audio Harman Kardon.

Diferensiasi Forester S EyeSight yang paling mentereng ialah teknologi bantuan pengemudian aktif Subaru EyeSight yang terdiri dari delapan fitur. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar