Arloji Apple iWatch Bahaya Bagi Pengemudi

Berita Otomotif

Arloji Apple iWatch Bahaya Bagi Pengemudi

LONDON - Raksasa teknologi Apple memiliki jam tangan (arloji) pintar yang mereka sebut iWatch. Namun, kehadiran jam tangan pintar ini ternyata malah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pemerhati keselamatan berkendara.

Bukan apa-apa, gangguan konsentrasi yang disebabkan oleh gadget kini menjadi bahaya laten bagi keselamatan pengemudi. Karena 'bermain' dengan Ponsel (telepon selular), banyak pengendara celaka.

Departemen Transportasi Inggris pun menegaskan kalau mereka yang kedapatan memainkan arloji pintar akan dikenakan hukuman yang sama dengan para pengguna Ponsel. Aturan di sana menyebutkan kalau denda 100 pound sterling atau sekitar Rp 1,9 juta bisa dikenakan bagi mereka yang kedapatan menggunakan smartwatch dengan hukuman 3 poin pada SIM mereka. Bila sampai mengakibatkan kecelakaan, hukuman penjara 2 tahun bisa dikenakan.

Hukuman-hukuman ini sendiri dimaksud untuk mengurangi angka kecelakaan akibat konsentrasi pengendara yang terganggu. Antara tahun 2011-2012 saja ada lebih dari 54.000 kecelakaan akibat hal itu.

Institute of Advanced Motorists (IAM) seperti dilansir Telegraph memeringatkan Apple akan bahaya produk mereka bagi pengendara.

"Apple Watch memiliki potensi untuk menjadi sama mengganggunya dibanding perangkat smartphone lainnya, karena Anda harus melepas kemudi untuk berinteraksi dengannya," kata juru bicara IAM.

Mereka pun mengeluhkan Apple yang seolah tidak sadar terhadap tanggungjawab sosial mereka untuk menjaga keselamatan para pengguna produk mereka.

"Keprihatinannya adalah bahwa Apple melakukannya. (Produk) ini sekarang sudah dipublikasikan secara luas dan mereka menjadi terkenal. Perhatiannya adalah bahwa meski semakin banyak fungsi yang bisa dilakukan, pengendara masih perlu memperhatikan kemudi mereka," lugas mereka.

"Ada kemungkinan bahwa produsen mungkin berpikir itu bukan tanggung jawab mereka untuk memeringatkan pengemudi tentang bahaya yang ada, tetapi mereka perlu bertanggungjawab juga. Nikmati peralatan ini, tapi gunakan di tempat yang tepat pada waktu yang tepat," lugasnya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual