Antisipasi Penularan Corona, Jasa Marga Tingkatkan Kebersihan Gerbang Tol

Berita Otomotif

Antisipasi Penularan Corona, Jasa Marga Tingkatkan Kebersihan Gerbang Tol

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) kembali melakukan mitigasi pengendalian Covid-19 dengan melibatkan operasional di gerbang tol.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga mengatakan bahwa mitigasi yang dilakukan di ranah operasional gerbang tol sangat penting. Ini karena gerbang tolmerupakan ujung tombak transaksi yang melibatkan pengguna jalan maupun Petugas Customer Service (CS) dan Mobile Customer Service (MCS).

“Sesuai dengan arahan Presiden dan Kementerian BUMN, pelayanan publik dalam hal ini operasional jalan tol tetap berjalan dengan normal. Untuk itu diperlukan mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol yang dimulai dari kebersihan lajur transaksi di setiap gerbang tol,” jelas Heru.

Selain bekerja dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa rompi dan masker, para petugas CS juga dilengkapi sarung tangan karena mereka berinteraksi dengan pengguna jalan. Sesuai SOP yang diberlakukan menghadapi pandemi ini, petugas CS juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan diperiksa suhu tubuhnya saat pra tugas dan pasca tugas.

“Saat ini untuk petugas CS di Gerbang Tol masih ada yang harus membantu tapping uang elektronik milik pengguna jalan sehingga cukup berpotensi untuk penularan Covid-19 baik untuk pengguna jalan maupun petugas CS. Kami harap dengan menggunakan sarung tangan dan masker, baik petugas CS maupun pengguna jalan mendapatkan perlindungan awal atas epidemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Sementara itu, untuk memastikan kebersihan Gardu Tol Otomatis (GTO), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku pengelola pemeliharaan peralatan tol Jasa Marga Group secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan minimal satu jam sekali. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar