Anies Baswedan, Capres Partai Nasdem Punya Vespa Klasik! Mobilnya Apa?

Berita Otomotif

Anies Baswedan, Capres Partai Nasdem Punya Vespa Klasik! Mobilnya Apa?

JAKARTA – Anies Baswedan baru saja diumumkan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Nasdem. Ternyata, salah satu kendaraan yang ia miliki adalah Vespa klasik.

Partai Nasdem, melalui live streaming di YouTube resmi mereka pada Senin (3/10/2022), mengumumkan Anies sebagai capres yang diusung untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan langsung hal tersebut.

"Pilihan capres Nasdem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhir Nasdem memberikan seorang sosok Anies Baswedan," ujar dia.

Anies diketahui sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 2017 silam. Masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Menurut situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Komisi Pemberantasan Korupsi (LHKPN KPK), harta kekayaan Anies berdasarkan dokumen yang ia berikan per Maret 2022 mencapai lebih dari Rp10 miliar, tepatnya Rp10.955.779.684.

Harta dari sektor alat transportasi dan mesin secara khusus bernilai Rp550 juta.

Daftar kendaraan yang dimiliki Anies terbilang menarik, khususnya untuk sepeda motor. Di dalam dokumen, ia tercatat memiliki Vespa klasik.

Adapun modelnya secara spesifik ialah Vespa Sprint produksi 1968 dengan status ‘Hibah Tanpa Akta’. Nilai dari motor merek Italia nan ikonik tersebut ialah Rp50 juta.

Itu bukanlah satu-satunya motor yang Anies miliki di garasinya. Tercatat pula kepemilikan Kawasaki EX250V produksi 2018 berstatus ‘Hasil Sendiri’ dengan nilai jual yang juga Rp50 juta.

Anies, di sisi lain, mengaku hanya punya satu mobil di dalam laporan harta kekayaannya. Modelnya bukan mobil mewah, melainkan Honda Odyssey dari tahun produksi 2016.

Odyssey itu berstatus ‘Hasil Sendiri’. Nilai jualnya ketika dokumen diberikan kepada KPK mencapai Rp450 juta.

Pria bernama lengkap Anies Rasyid Baswedan ini memulai sepak terjangnya sebagai seorang akademisi. Ia pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina selama delapan tahun, sejak 2007.

Ia kemudian menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 2014. Akan tetapi, lulusan sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tersebut terkena reshuffle cabinet pada 2016.

Anies kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta setahun setelah terkena reshuffle hingga Oktober 2022, hingga akhirnya 'dipinang' Partai Nasdem sebagai capres untuk 2024. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar