Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All New Toyota Agya Pakai Mesin Turbonya Toyota Raize?

Berita Otomotif

All New Toyota Agya Pakai Mesin Turbonya Toyota Raize?

JAKARTA – All New Toyota Agya menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Raize. Apakah berarti city car ini sekarang menggunakan turbo?

All New Agya menjalani world premiere (debut global) pada Senin (13/2/2023) di Indonesia. Tapi, waktu peluncuran maupun penjualannya belum Toyota beberkan.

Ubahan All New Agya sendiri meliputi banyak hal. Desain eksterior-interior, platform, mesin, transmisi, suspensi, hingga fiturnya telah disempurnakan.

Kendati begitu, baru sebagian informasi terkait All New Agya yang sudah dibeberkan. Salah satunya terkait mesinnya.

“Mesin yang dipakai sama dengan Raize. Tentu saja, total bobot kedua model yang berbeda menyebabkan penyetelannya berbeda,” ujar Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation Toshihiro Nakaho dalam seremoni.

Toyota Raize

Raize sendiri, yang meluncur di Indonesia pada awal 2021, dipasarkan dalam dua opsi mesin bensin. Ada yang 1.0-liter turbo serta 1.2-liter naturally aspirated (NA).

Sayang, yang digunakan All New Agya adalah yang non-turbo.

“(Pakai yang) mesin 1.2-liter,” jelas Nakaho usai acara, merespons pertanyaan dari Mobil123.com.

Mesin yang dimaksud adalah 1.2-liter WA-VE, 3 silinder, Dual-VVT-i. Gelontoran tenaganya pada All New Agya mencapai 88 ps pada 6.000 rpm, dengan torsi 112,9 Nm pada 4.500 rpm.

Sebagai padanannya, All New Agya menggunakan transmisi baru. Bahkan, girboks otomatisnya sekarang memakai teknologi Continuously Variable Timing (CVT).

Toyota Agya 2023

Konsumsi BBM All New Agya pun diklaim meningkat. Efisiensinya digadang-gadang mampu mencapai 21,7 km per liter untuk transmisi manual serta 21,0 km per liter bagi transmisi CVT.

Meski begitu, performa All New Agya digadang-gadang meningkat. Akselerasi 40-80 km per jam digapai dalam 6,7 detik, dari sebelumnya 7,2 detik.

Menurut Nakaho, mesin 1.0-liter turbo tidak dipilih karena untuk melakukannya, Toyota perlu mengganti lebih banyak komponen.

All New Agya sendiri nantinya bakal menggarap dua segmen: low cost green car (LCGC) dan city car non-LCGC.

Varian termewah yakni GR Sport bakal keluar dari segmen kendaraan murah yang mendapatkan insentif dari pemerintah tersebut.

Strategi ini sebelumnya sudah digunakan oleh pesaing Agya yaitu Honda Brio. Salah satu tulang punggung penjualan Honda ini terbagi menjadi Honda Brio Satya (LCGC) dan Brio RS (city car non-LCGC). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang