All-new Suzuki Jimny Muncul di Paris Auto Show dengan Beberapa Catatan

Mobil Baru

All-new Suzuki Jimny Muncul di Paris Auto Show dengan Beberapa Catatan

PARIS - All-new Suzuki Jimny warna hijau tua dipajang di booth Suzuki di Paris Auto Show (PAS) 2018, punya keunggulan tampilan retro plus kemampuan jelajahnya, namun jelas ada beberapa masalah yang mengganjal.

Di Eropa, Suzuki memang telah meluncurkan all-new Suzuki Jimny di beberapa negara. Namun demikian, pesonanya tetap terpancar saat tampil salah satu pameran otomotif papan atas dunia yang digelar di kota mode Paris.

Car enthusiast menilai, desain retro klasik dan fresh dibandingkan generasi ke 3 menjadi salah satu pesona di kota atau negara yang begitu menghargai karya seni seperti milik Jimny terbaru ini. Dan bisa langsung disimak dari paduan tarikan garis tegas tajam menyudut membentuk sebuah kontak dalam ukuran dimensi yang menggemaskan.

All-new Suzuki Jimny tentu mempertahankan karakternya yang dikenal sebagai pelahap segala medan. Ini jelas terlihat dari tongkrongannya dengan approach angle 37 derajat, sudut ramp breakover angle 28 derajat dan departure angle atau sudut pergi is 49 derajat.

Hal ini diperkuat dengan rancang bangun all-new Suzuki Jimny generasi ke-4 ini keukeuh menolak modernisasi, tetap sebuah jip bukan SUV perkotaan semata. Ini karena masih mengandalkan chassis leader frame lengkap dengan sepasang as roda kaku dan low-range transfer case.

Konsumen Perancis akan ditawarkan pilihan mesin berkapasitas 1.5-lter sama seperti di negara-negara lainnya. Mesin ini memiliki tenaga maksimal 100 hp dan torsi 130 Nm plus pilihan transmisi manual 5-kecepatan serta otomatis 4-kecepatan.

Suzuki sendiri mengklaim bahwa Suzuki Jimny terbaru versi transmisi manual bisa dipacu hingga 145 km/jam.

Namun ada beberapa catatan yang sepertinya bisa menghambat masa depan all-new Suzuki Jimny di Perancis dan juga Eropa. Pertama karena emisi CO2 yang dinilai tinggi diangka 178 g/km pada  Worldwide harmonized Light vehicles Test Procedures (WLTP). Ini tentunya bisa menjadi masalah bagi beberapa negara.

Kedua tak lepas dari hasil uji tabrak EuroNCAP di mana all-new Suzuki Jimny mendapat bintang tiga. Angka ini sebenarnya kurang memuaskan karena sebagai model baru harusnya mobil ini punya fitur keselamatan cukup banyak untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

Dalam frontal offset test (bagian depan mobil ditabrakkan setengah), simulasi dengan crash test dummy menunjukkan bahwa ada perlindungan yang baik untuk lutut dan paha. Sayangnya perlindungan dada pengemudi dinilai kurang memuaskan. [Ari]

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar