Suzuki Jimny Dapat Banyak Catatan Saat Uji Tabrak

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Dapat Banyak Catatan Saat Uji Tabrak

LONDON - Suzuki Jimny mendapatkan tiga bintang keselamatan dari EuroNCAP.

Angka ini sebenarnya kurang memuaskan karena Suzuki Jimny adalah model baru yang seharusnya memiliki fitur keselamatan cukup banyak untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

Dalam frontal offset test (bagian depan mobil ditabrakkan setengah), kompartemen penumpang Jimny mengalami banyak pengubahan. Meski demikian, simulasi dengan crash test dummy menunjukkan bahwa ada perlindungan yang baik untuk lutut dan paha. Sayangnya perlindungan dada pengemudi dinilai kurang memuaskan.

Sementara pada full-width test (mobil tabrakan dari depan sepenuhnya), perlindungan kepada pada penumpang belakang terbilang tidak begitu baik. Demikian juga dengan perlindungan untuk dada pengemudi dan penumpang belakang juga dinilai kurang.

Tak hanya itu, airbag pengemudi dinilai memiliki tekanan yang kurang. Sehingga meski airbag mengembang namun tetap menyebabkan kepala dummy terbentur lingkar kemudi.

Meski sudah dilengkapi dengan autonomous emergency braking system (AEB), namun EuroNCAP memberi nilai rendah pada fitur ini. Rendahnya nilai tersebut disebabkan hasil pengujian yang kurang memuaskan karena fitur tidak bekerja maksimal di siang hari dan tidak bekerja saat cahaya kurang mencukupi. Bahkan sistem tidak dapat bereaksi pada objek yang bergerak cepat seperti pesepeda.

“Sebagai kendaraan baru, seharusnya Suzuki Jumny menawarkan lebih banyak proteksi pada pengemudi ketika kecelakaan. Teknologi keselamatan yang disematkan tidak bekerja optimal. Padahal penggemar muda Suzuki Jimny sudah memiliki standard yang lebih baik dalam hal keselamatan pasif dan aktif,” pungkas Matthew Avery, Director of Research Thatcham Research.

 

[Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support