Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sebelum Membeli, Simak Dulu Perbandingan All New Honda BR-V dan Suzuki XL7

Review

Sebelum Membeli, Simak Dulu Perbandingan All New Honda BR-V dan Suzuki XL7

Perbandingan All New Honda BR-V dan Suzuki XL7 menarik untuk diketahui terutama bagi Anda yang tengah berencana membeli mobil sport utility vehicle (SUV) baru.  

Beberapa tahun belakangan persaingan pasar mobil SUV di Tanah Air sedang panas-panasnya. Banyak produsen mobil berlomba-lomba mengeluarkan produk teranyarnya untuk memenangi hati para konsumen.

Sebut saja satu di antaranya PT Honda Prospect Motor (HPM) yang pada September tahun lalu meluncurkan generasi kedua dari BR-V. Kedatangannya secara otomatis menambah ketat persaingan di kelas low SUV. Salah satu pesaingnya yang juga merupakan pemain baru di segmen tersebut adalah Suzuki XL7.

Suzuki XL7 (Foto: Suzuki)

Kendati bermain di segmen yang sama, All New Honda BR-V maupun Suzuki XL7 menawarkan beberapa perbedaan dari segi desain, teknologi, hingga fitur.

Untuk lebih jelasnya simak perbandingan All New Honda BR-V dan Suzuki XL7 berikut ini.

Dimensi dan Eksterior

Dari segi dimensi, All New Honda BR-V memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1685 mm. Sedangkan Suzuki XL7 panjang tubuhnya 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1710 mm.

Jarak sumbu roda antar kedua mobil beda tipis, BR-V 2.700 mm dan XL7 berjarak 2.740 mm. Ground clearance BR-V setinggi 220 mm, sementara XL 7 hanya 200 mm.

Eksterior All New BR-V (Foto: Honda)

Dari segi tampilan luar, BR-V terlihat mewah dan elegan. Desain kap mesinnya dibuat memanjang dan lebar. Ditambah dengan LED headlamp bersama LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grill depan.

Di bagian samping, kaki-kakinya terlihat kokoh berkat pelek 17 inci bermotif kipas. Kehadiran roof rail dan over fender hitam yang menyatu dengan bodi, membuat BR-V berkesan gagah.

Berpindah ke bagian belakang, terdapat rear combination lamp yang dilengkapi dengan LED light bar.

Sementara itu tampilan depan Suzuki XL7 terpasang muscular chrome front grillegarnish front bumper, serta lampu bold LED head lamp with DRL, bold fog lamp dan hood side slit.

Suzuki XL7 (Foto: Suzuki)

Beralih ke samping, mobil andalan Suzuki ini dilengkapi spion dengan built in signal, lalu ada roof rail di bagian atap dan pelek berukuran 16 inci beserta fender.

Lalu di belakang XL7 terdapat garnish rear bumper berdesain kotak dengan spoiler di bagian atasnya. Pada spoiler tersebut dipasang high mount stop lamp LED, dan lampu belakangnya berupa rear combination lamp LED dengan light guides.

Interior

Sekarang masuk ke interior mobil, All New Honda BR-V memiliki nuansa serba hitam. Sisi-sisi kabin mobil terbuat dari bahan soft touch, serta jok berbahan kulit.

Interior Honda All New BR-V (Foto: Honda)

Untuk bagian depan pengemudi disematkan thin-film transistor (TFT) display yang memberi informasi mengenai performa mobil.

Lalu head unit Honda BR-V sudah layar sentuh berukuran 7 inci. Pada head unit ini terdapat bermacam-macam fitur, seperti smartphone connection dan handsfree telephone.

Sama halnya seperti BR-V, kabin Suzuki XL7 juga didominasi oleh warna hitam. Pada lingkar kemudi dibungkus dengan lapisan kulit sintetis, dan tampilan dasbor memiliki motif menyerupai carbon.

Interior Suzuki XL7 (Foto: Suzuki)

Sementara itu head unit-nya berupa layar sentuh berukuran 8 inci lengkap dengan switch audio control dan koneksi Bluetooth untuk ponsel.

Khusus XL7 varian tertinggi telah dibekali fitur smart e-mirror. Fitur ini memiliki fungsi sebagai kamera, layaknya dashcam, yang bisa dilihat melalui kaca spion dalam.

Mesin dan Performa

Setelah membahas tampilan luar dan dalam, saatnya mengetahui besaran tenaga mesin yang tersemat di All New Honda BR-V maupun Suzuki XL7.

Di awali dari All New BR-V, jagoan baru Honda ini dibekali mesin berkapasitas 1.5L 4 silinder segaris dengan tipe L15ZF, DOHC i-VTEC versi terbaru. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin All New BR-V (Foto: Honda)

Untuk pilihan transmisinya ada otomatis CVT dan manual 6 percepatan. Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan.

Sementara itu, Suzuki XL7 menggendong mesin tipe K15B, DOHC, VVT berkapasitas 1.5L. Suzuki mengklaim tenaga yang dikeluarkan dari mesin tersebut sebesar 103,7 hp pada 6.000 rpm serta torsi maksimum 138 Nm pada 4.000 rpm.

Sistem transmisi dari XL7 ada otomatis dan manual 4 percepatan, sedangkan sistem penggerak rodanya sama dengan BR-V.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Bicara fitur keamanan dan keselamatan, Honda BR-V termasuk lengkap dan canggih, terutama pada varian tertingginya.

Selain fitur keamanan standar seperti ABS, EDB, ISOFIX dan Immobilizer, pada BR-V varian tertinggi juga dilengkapi dengan Honda Sensing, fitur keselamatan canggih ala Honda.

Fitur Keamanan All New Honda BR-V (Foto: Honda)

Adapun fitur-fitur yang terdapat dalam Honda Sensing meliputi Lane Watch, Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation, Lead Car Departure Notification System, dan Auto High Beam.

Sementara fitur keselamatan dan keamanan yang terdapat di Suzuki XL7 terbilang cukup mumpuni. Mulai dari Chassis Heartect, Hill Hold Control, Dual Airbag, ABS, EBD, BA, Electronic Stability Programe, sensor mundur, dan Immobilizer.

Fitur keamanan Suzuki XL7 (Foto: Suzuki)

Harga

Perbandingan harga pada kedua mobil ini bisa dibilang cukup jauh.

Harga on the road (OTR) Jakarta untuk All New Honda BR-V S MT yang merupakan varian terendah adalah Rp281,1 juta, sedangkan varian terendah dari Suzuki XL7 yaitu Zeta M/T dibanderol Rp251,8 juta. Jadi harga Honda BR-V lebih tinggi hampir Rp30 jutaan daripada Suzuki XL7.

Sementara itu untuk varian tertingginya, perbedaan harganya lebih jauh lagi. Suzuki XL7 Alpha A/T dibanderol Rp290.1 juta. Di lain sisi, All New Honda BR-V Prestige dengan teknologi Honda Sensing memiliki harga Rp346,6 juta. Beda harga keduanya sekira Rp56,5 juta.

Demikianlah perbandingan dari mobil low SUV All New Honda BR-V dan Suzuki XL7. Secara garis besar masing-masing mobil memiliki keunggulan.

BR-V merupakan keluaran yang lebih baru, sehingga tampilan dan fitur-fitur yang ditawarkan lebih baik. Namun jika dilihat dari harga, XL7 tentunya lebih terjangkau. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang