Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All New Daihatsu Ayla Unjuk Diri! Masih Jadi Mobil LCGC atau Tidak?

Mobil Baru

All New Daihatsu Ayla Unjuk Diri! Masih Jadi Mobil LCGC atau Tidak?

JAKARTA – All New Daihatsu Ayla diperkenalkan di hadapan publik Indonesia, dua hari setelah ‘kakaknya’ All New Toyota Agya. Tampilannya makin agresif dan fiturnya pun ‘naik kelas’.

Tampilan Ayla generasi kedua diperlihatkan pada Rabu (15/2/2023) di Jakarta. Sebelumnya, pada Senin (13/2/2023), Agya generasi kedua sudah terlebih dahulu muncul.

Seperti sang ‘saudara tua’, All New Ayla juga belum resmi meluncur dan dijual.

All New Daihatsu Ayla

Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Yasushi Kyoda mengatakan model yang eksis sejak 2013 di segmen low cost green car (LCGC) tersebut merupakan salah satu masterpiece alias mahakarya dari jenama tersebut di Indonesia.

Rasio komponen lokalnya mencapai lebih dari 80 persen dan melibatkan lebih dari 1.700 pemasok komponen. Proses produksinya di pabrik Karawang, Jawa Barat melibatkan lebih dari 500 usaha kecil dan menengah.

Setelah 10 tahun, akhirnya Ayla generasi baru dihadirkan.

“All New Ayla disertai antara lain dengan mesin baru, transmisi baru, dan menjadi entry-hatchback (hatchback untuk pembeli mobil pertama) baru yang menarik bagi para konsumen di Indonesia" ujar dia dalam seremoni.

Spesifikasi dan Fitur All New Daihatsu Ayla

All New Daihatsu Ayla

Executive Chief Engineer Daihatsu Motor Company Toshihiro Nakaho mengatakan pengembangan All New Ayla fokus pada affordability (keterjangkauan harga), styling and packaging (desain dan penampakan mobil), performance (performa), dan safety (keamanan).

Sama seperti All New Agya, All New Ayla kini menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Mesinnya 1.2-liternya pun sekarang berasal dari Toyota Raize, dengan kode WA-VE dan berteknologi Dual-VVT-i. Adapun mesin 1.0-liternya disempurnakan pula dengan teknologi VVT-i.

Transmisi otomatis All New Ayla berteknologi D-CVVT. Ubahan-ubahan tersebut diklaim membuat performa All New Ayla meningkat.

Sayang, detail tenaga maupun torsinya tidak dijabarkan.

All New Daihatsu Ayla

Desain eksteriornya sendiri berkonsep ‘Powerful and Aggressive’. Lampu depan menggunakan LED dan ban membalut pelek 14 inci dengan desain baru.

“Konsep desainnya bisa dilihat dari bentuk wheel arch depan dan belakangnya, juga garis-garis karakter pada bodinya yang punya kesan bertenaga dan agresif,” tandas Nakaho.

Fitur-fiturnya makin lengkap dan modern. Sebagian yang sudah disebutkan adalah Dual SRS Airbag, Safety Seat Belt Reminder for Driver and Passanger, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Key Free System, Push Start/Stop Engine.

Satu yang mungkin bisa membuat para calon pembeli mobil pertama lega, Marketing and Corporate Planning Director ADM Sri Agung Handayani memastikan All New Ayla tetap ada di segmen LCGC untuk semua variannya.

Ini berbeda dengan All New Agya yang varian termewahnya (GR Sport) keluar dari segmen dengan insentif pajak serta pembatasan harga dari pemerintah tersebut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang