Adira Insurance Perkuat Bisnis Syariah

Berita Otomotif

Adira Insurance Perkuat Bisnis Syariah

JAKARTA – Turunnya beberapa sektor usaha di Indonesia membuat penjualan unit kendaraan bermotor terkena imbasnya. Hal ini pun membawa tantangan tersendiri bagi asuransi kendaraan khususnya asuransi umum konvensional.

Namun, menariknya adalah asuransi umum syariah di Indonesia justru berhasil bertumbuh. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan, premi bruto asuransi syariah per 2015 masih tumbuh 10,87%. Aset dan investasi pun masih tumbuh masing-masing sebesar 13,14% dan 12,53%.

Jika ditinjau lebih lanjut, pasar asuransi syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Bukan cuma karena mayoritas penduduk Indonesia memeluk Islam, tetapi juga karena sifat bisnisnya yang tolong menolong serta konsep bagi hasil dan memungkinkan prinsip adil diterapkan.

Karena karakternya tersebut, asuransi syariah semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama dalam lima tahun terakhir ini dimana lembaga-lembaga asuransi syariah bermunculan, baik dalam bentuk perusahaan maupun unit usaha.

Melihat hal tersebut, Adira Insurance melalui unit usaha syariahnya meningkatkan kualitas produknya. Salah satunya produk unggulan yang sedang gencar diberikan yaitu produk asuransi perjalanan syariah (Travellin Syariah). Asuransi ini diperuntukkan bagi jamaah haji dan umrah. Produk ini menggunakan akad wakalah bil ujroh.

Hasilnya pun terbilang baik. Hal ini dibuktikan dengan bisnis asuransi syariah Adira Insurance terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Secara keseluruhan, porsi bisnis syariah terhadap total portfolio bisnis Perusahaan hampir mencapai 9,82%. Adapun pangsa pasar (market share) Adira Insurance Syariah di industri adalah sebesar 11,03% di tahun 2015.

Tahun ini, Adira Insurance Syariah ingin tumbuh 46 persen dari realisasi premi sepanjang tahun lalu. Per September 2016, premi bruto Perusahaan tercatat lebih dari Rp 180 miliar atau meningkat 57 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Sebagai salah satu strategi, Adira Insurance Syariah, Perusahaan memasarkan produk dengan berbagai metode pemasaran antara lain yaitu bekerja sama dengan bank, leasing, dan instansi keuangan lainnya, serta direct selling. Tidak hanya itu saja, kami juga melakukan cross selling terhadap Pelanggan existing,” terang Sharia Division Head Adira Insurance, Bimo Kustoro. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support