Ada Pembangunan Kereta Cepat, Ruas Tol Padaleunyi Kena Dampak

Berita Otomotif

Ada Pembangunan Kereta Cepat, Ruas Tol Padaleunyi Kena Dampak

BANDUNG – Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Padaleunyi akan melakukan pengalihan lalu lintas karena terimbas pembangunan proyek kereta cepat.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai melakukan pekerjaan pemasangan Portal atau Frame Pier Kereta Cepat Jakarta Bandung. Pekerjaan tersebut dilakukan di Simpang Susun (SS) Pasteur Ruas Padaleunyi tepatnya di Km 127+420.

Guna memastikan keselamatan, JMT akhirnya memutuskan untuk melakukan pengalihan lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan. Meski demikian, mereka juga akan berupaya untuk memastikan kelancaran lalu lintas.

Sebagai langkah antisipasi Jasa Marga akan berlakukan pengalihan lalu lintas bagi pengguna jalan dari arah on ramp/akses masuk Gerbang Tol (GT) Pasteur dan GT Baros yang menuju daerah Pasir Koja, Kopo, M. Toha, Buah Batu dan Cileunyi dialihkan melalui detour On Ramp GT Pasteur. Adapun Pelaksanaan pekerjaan pemasangan Portal/Frame Pier akan dilaksanakan pada periode window time pada hari Rabu (17/03) pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB.

kereta cepat

Untuk melakukan hal ini, JMT telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memastikan rekayasa lalu lintas berjalan sesuai rencana. Tak hanya itu, PT KCIC dan JMT juga menyiapkan penerangan yang cukup, rambu-rambu pengamanan sesuai standar dan menyiagakan petugas pengaturan lalulintas di sekitar lokasi pekerjaan.

Terganggunya lalu lintas di jalan tol akibat pembangunan kereta cepat memang tidak dapat dihindari. Hal ini karena jalur kereta cepat memang melalui beberapa ruas jalan tol sehingga diperlukan kerjasama diantara keduanya.

Salah satunya adalah kegiatan uji coba rute yang akan dilalui kendaraan pengangkut rel R.60 milik kereta cepat sepanjang 50 meter beberapa waktu lalu. Kendaraan pengangkut rel tersebut adalah kendaraan Multi-Axle Trailer 32 Axle yang dikawal oleh 4 kendaraan lainnya, terdiri mobil storing, mobil kawalan dengan rotator, prime mover dan mobil patwal.

Meski sudah mendapat perhatian khusus, tetap saja kepadatan lalu lintas tidak dapat dihindari. Belajar dari kondisi tersebit, Kami menyarankan kepada pengguna jalan untuk melakukan perhitungan ulang perjalanan yang akan dilakukan agar tidak terdampak dari pekerjaan pembangunan tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang