Mulai Tanggal 2 Juni Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 Berbayar

Berita Otomotif

Mulai Tanggal 2 Juni Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 Berbayar

JAKARTA – Jasa Marga mengumumkan tarif untuk WIB Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 (Serpong – Pamulang) resmi berlaku pada 2 Juni 2021, pukul 00.00 WIB.

Hal ini disampaikan pada akun resmi instagram Jasa Marga beberapa waktu lalu. Penerapan tarif tersebut disampaikan telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 592/KPTS/M/2021.

Adapun besaran tarifnya sebagai berikut:

  • Golongan I: Rp 11.000
  • Golongan II: Rp 16.500
  • Golongan III: Rp 16.500
  • Golongan IV: Rp 22.000
  • Golongan V: Rp 22.000

Mulai Tanggal 2 Juni Ruas Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 Berbayar

Jalan Tol Serpong – Cinere sendiri telah beroperasi tanpa tarif terhitung tujuh minggu atau 51 hari. Penghitungan tersebut dilakukan sejak diresmikan oleh Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia pada Kamis (01/04). PT CSJ mencatat 524.569 kendaraan telah melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang sampai dengan Minggu (23/05). Dari jumlah tersebut didapatkan bahwa kendaraan pribadi mendominasi jalan tol tersebut.

“Jumlah tersebut merupakan volume kendaraan selama tujuh minggu, dihitung berdasarkan lalulintas kumulatif yang melintasi Ruas Cinere-Serpong. Perhitungan tersebut didominasi oleh kendaraan golongan I yaitu sekitar 97% dari total seluruh kendaraan yang melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang,” terang Ayu Widya Kiswari Direktur Utama PT CSJ.

Berdasarkan data lalu lintas kendaraan yang didapatkan selama beroperasi tanpa tarif, PT CSJ mencatat Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 10.264 kendaraan. LHR tertinggi tercatat pada Hari Raya Idul Fitri, Kamis (13/5), yakni sebanyak 13.209 kendaraan.

Meski terkesan sudah banyak yang memanfaatkan jalan tol ini, sebenarnya jumlah tersebut masih jauh dari target yang diharapkan. Kurangnya peminat masyarakat yang menggunakan tol ini adalah karena ruas jalan tol baru bisa diakses hingga GT Pamulang.

Diperkirakan jumlah pengguna jalan tol baru akan meningkat ketika ruas jalan tol tersebut sudah dapat menembus Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago). Tentunya ini sangat tergantung dari pembangunan jalan tol.

"Kami optimis ke depannya, jika jalan tol ini sudah menerus hingga Jalan Tol Cijago, target lalulintas dapat tercapai, karena akan memudahkan pengguna jalan yang berasal dari Serpong, Pamulang dan sekitarnya menuju Cinere, Bogor, Ciawi dan sekitarnya melalui Jalan Tol Cijago dan Jalan Tol Jagorawi," tutup Ayu. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar