Selalu Macet, Jasa Marga Lakukan Uji Coba Rekayasa lalu Lintas di GT Cibubur

Berita Otomotif

Selalu Macet, Jasa Marga Lakukan Uji Coba Rekayasa lalu Lintas di GT Cibubur

JAKARTA – Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT), pengelola ruas Tol Jagorawi akan melalukan uji coba rekayasa lalu lintas di pertemuan lalu lintas (merging) pada On Ramp Gerbang Tol (GT) Cibubur 2.

Selama ini, kepadatan lalu lintas dari Bogor menuju Jakarta selalu mengalami kepadatan pada jam-jam sibuk di GT Cibubur 2. Untuk itu diperlukan sebuah rekayasa lalu lintas yang terencana agar dapat mengatasi kemacetan tersebut.

JMT bersama dengan pihak Kepolisian memutuskan untuk menggelar uji coba rekayasa lalu lintas guna mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi. Rencananya, uji coba tersebut akan dilaksanakan mulai hari ini, Senin (21/12/2020) hingga Jumat (01/01/2021).

Selalu Macet, Jasa Marga Lakukan Uji Coba Rekayasa lalu Lintas di GT Cibubur
Berikut adalah rekayasa yang rencananya akan dilakukan di lokasi tersebut

  • Pemasangan Water Barrier dari Km 14+500 s.d 13+500 arah Jakarta untuk mensterilkan bahu jalan;
  • Pemasangan traffic cone dari Km 13+400 s.d 13+200 arah Jakarta (setelah chevron Cibubur sampai dengan Cibubur 2 Satelit untuk kanalisasi Cibubur 2) untuk mengurangi merging;
  • Menempatkan petugas Mobile Customer Services dan kendaraan bantuan lainnya di sekitar lokasi rekayasa lalulintas sebagai langkah antispasi bila terjadi gangguan kendaraan.

Pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memperbaiki aliran lalu lintas di kawasan Cibubur. Dengan demikian diharapkan waktu tempuh perjalanan akan lebih singkat, lalu lintas lebih tertib, mengurangi kendaraan crossing dan pada akhirnya dapat memperlancar lalu lintas.

Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi untuk diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar Cibubur arah Jakarta.  Selain itu, contraflow arah Jakarta yang dimulai pada KM 17+200 s.d KM 8+600 akan tetap dilaksanakan pada Senin (21/12/2020), untuk mengurai kepadatan di sekitar Cimanggis arah Jakarta.

Rekayasa ini belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga bukan tidak mungkin justru menjadikan lalu lintas menjadi semakin padat. Untuk itu, selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar