Ribuan Kilometer Jalan Tol Siap Digunakan Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2020

Berita Otomotif

Ribuan Kilometer Jalan Tol Siap Digunakan Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2020

JAKARTA – Sejumlah Infrastruktur di Indonesia diklaim sudah lebih siap untuk menyambut libur Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 dibanding tahun lalu.

Hal ini disampaikan oleh Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kesiapan ini karena ruas jalan tol yang beroperasi dan jalan nasional di Pulau Jawa dan Sumatera sudah bertambah.

"Jalan Tol Trans Jawa yang operasional untuk Perayaan Natal 2019 & Tahun Baru 2020 sepanjang 1.002 km. Itu termasuk Jakarta-Cikampek II Elevated 36 km yang rencananya akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019. Jalan Tol Trans Jawa dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area sebanyak 85 rest area dengan rincian 43 rest area TIP A, 24 TIP B, dan 18 TIP C,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, selain ruas Jalan Tol Trans Jawa, juga akan segera dioperasikan Jalan Tol Non-Trans Jawa Ruas Kunciran – Serpong sepanjang 11 km yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada minggu ke-2 Desember 2019. Untuk di Pulau Jawa, seluruh ruas jalan nasional juga sudah siap untuk dikelola lalu lintasnya oleh Korlantas Polri.

"Di Lintas Utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341 km dalam kondisi mantap 97%, dan Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 km dalam kondisi mantap 93%. Sedangkan Lintas Selatan sepanjang 888 km mantap 98 persen dan Pantai Selatan Jawa sudah terhubung 1.267 km dari total 1.647 km dengan kondisi mantap 83%,” tambahnya.

Di Pulau Sumatera, Ia mengatakan total panjang ruas jalan tol yang siap digunakan untuk mudik sepanjang 511,5 km. Ruas yang sudah operasional sepanjang 469 km dan sisanya fungsional sepanjang 42,5 km. Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar-Kayu Agung 329 km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 13 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 km dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 km.

Sedangkan untuk yang masih fungsional adalah Tol Kayu Agung – Palembang – Betung Seksi 1 (Kayu Agung – Palembang exit di Jakabaring) sepanjang 33 km dan Pekanbaru – Dumai Seksi 1 (Pekanbaru – Minas) sepanjang 9,5 km. Pemanfaatan tol fungsional Trans Sumatera sepenuhnya nanti akan berada dibawah kendali Korlantas Polri. Di Jalan Tol Trans Sumatera tersedia 31 rest area di ruas yang operasional, sementara untuk Tol fungsional disiapkan Tempat Istirahat Sementara (TIS).

Sementara jalan nasional di Sumatera, sepanjang 7.918 Km yang sudah siap yakni Jalan Lintas Barat 2.563 km dalam kondisi Mantap 97%, Jalan Lintas Timur 3.017 km dalam kondisi mantap 93%, dan Jalan Lintas Tengah 2.338 km dalam kondisi mantap 94%.

Di luar Pulau Jawa dan Sumatera, Menteri Basuki mengatakan telah menyiapkan Jalan Tol fungsional sepanjang 92 km yakni pada ruas Balikpapan – Samarinda (Seksi 2 – 4 Samboja – Samarinda) di Kaltim sepanjang 66 km dan Manado – Bitung (Seksi 1 – 2A Airmadidi -Danowudu) di Sulut sepanjang 26 km. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support