Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

6 Lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek Ditutup Hingga Desember 2018

Berita Otomotif

6 Lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek Ditutup Hingga Desember 2018

JAKARTA – PT Jasa Marga akan menutup enam lajur jalan tol Jakarta-Cikampek demi pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

Penutupan ini harus dilakukan karena PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated akan kegiatan komisioning erection steel box girder dengan launcher gantry.

Komisioning adalah pengujian atau melakukan pengujian operasional suatu pekerjaan secara real/nyata maupun secara simulasi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan dan memenuhi semua peraturan yang berlaku (rule), regulasi (regulations), kode (code) dan sesuai standar (standard).

Selama ini, JJC mengerjakan erection steel box girder pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated dengan menggunakan tandem crane. Namun dengan menggunakan launcher gantry maka diharapkan pekerjaan akan menjadi lebih efisien.

Pelaksanaan erection steel box girder dengan launching gantry tersebut secara pararel dijadwalkan di tiga lokasi median Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yaitu dari Bekasi Barat ke Bekasi Timur, Bekasi Timur ke Tambun, dan Cikarang Barat ke KM. 39 (bulan Agustus 2018). Pekerjaan erection steel box girder dengan launcher gantry dijadwalkan selesai pada akhir bulan Desember 2018.

Pelaksanaan komisioning erection steel box girder dengan launcher gantry tersebut termasuk dalam kategori pekerjaan dengan risiko tinggi, sehingga mulai hari hari Selasa, 17 Juli 2018 akan dilakukan penutupan lajur, yaitu tiga lajur Arah Cikampek (lajur 4, 3 dan 2) dan tiga lajur arah Jakarta (lajur 4, 3 dan 2). Penutupan lajur dilakukan saat window time yaitu antara pukul 21.00 WIB-05.00 WIB.

PT JJC mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanannya dan jika terjadi kepadatan maka pengguna jalan dapat menggunakan jalur alternatif. Beberapa jalur alternatif menuju Cikampek yang dapat digunakan pengguna jalan tol di dalam Jalan Tol Jakarta-Cikampek dapat keluar ke jalan arteri melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat dan kemudian masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cibitung, demikian pula dari arah sebaliknya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang