Beli Honda PCX 160 Jangan Males Cuci Motor

Berita Otomotif

Beli Honda PCX 160 Jangan Males Cuci Motor

JAKARTA – All-new Honda PCX 160 dilengkapi dengan fitur-fitur terkini yang membuat konsumen nyaman berkendara.

Dikenalkan pada awal Februari 2021, PT Astra Honda Motor (AHM) menambahkan sejumlah fitur-fitur baru. Fitur yang paling menarik adalah disematkannya HSTC (Honda Selectable Torque Control). Fitur ini bertugas untuk memberikan rasa aman saat pengendara melintasi jalanan yang licin.

“Layaknya kontrol traksi pada umumnya, HSTC menjaga putaran ban depan dan belakang agar tetap selaras. Ketika motor melakukan manuver di jalan yang licin dan ban belakang mengalami kehilangan traksi, seketika sensornya akan memerintahkan ECU untuk mengurangi pasokan bensin. Sehingga torsinya yang dihasilkan bisa tereduksi,” ucap Ade Muhajir, Instruktur Technical Service AHM di Cikarang (08/02/2021).

Kontrol traksi saat ini banyak ditemukan di beberapa kendaraan terbaru. Fitur ini terbukti mampu memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara. Fitur ini sendiri mengandalkan sensor yang ditempatkan dengan ban. Lalu pertanyaannya bagaimana cara perawatan fitur yang tergolong canggih ini.

Apakah dengan adanya sensor tersebut, motor menjadi tidak bisa menempuh medan basah. Atau motor ini lebih rentan karena disematkan fitur elektronik yang canggih.

“Untuk di roda belakang, sensornya berada di atas bak final gear berupa soket. Soket ini cukup aman bila terkena air. Selain itu posisinya juga cukup tinggi sehingga tidak perlu khawatir. Yang di depan sensornya terletak dekat kaliper rem yang membaca putaran ban melalui pulse ring,” jelasnya kemudian.
Honda PCX 160
Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa karena vehicle speed sensor ini sangat mungkin diagnosa. Hal ini bisa terjadi saat pulse ring terhalang kotoran. Sehingga sensor tidak bisa menginformasikan kecepatan putaran roda kepada ECU.

Maka untuk para pemilik all-new Honda PCX 160, diharapkan untuk melakukan perawatan dengan apik kendaraannya. Karena jika sensornya terhalang, maka bukan tidak mungkin sensor akan mengalami kesalahan pembacaan.

All-new Honda PCX 160 sendiri dipasarkan dengan harga Rp 30.350 juta untuk tipe CBS. Sementara untuk tipe ABS yang menggunakan HSTC dipasarkan Rp 33.950 juta. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar