5 Plus 1 Bikin Ban Mobil Prima dan Berkilau

Panduan Pembeli

5 Plus 1 Bikin Ban Mobil Prima dan Berkilau

Ban adalah satu-satunya bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan dan menjadi penopang dari seluruh bobot kendaraan. Jadi wajar jika mendapat perhatian lebih dalam perawatan khususnya di musim hujan.

Ya, ketika musim hujan, jalan akan tergenang air dan praktis kita tidak dapat melihat kondisi jalan yang sesungguhnya, apakah berlubang atau malah rata. Tak hanya itu, kondisi ban kurang baik bisa menyebabkan kecelakaan yang tidak kita harapkan.

Lantas, apa-apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga ban tetap berada dalam kondisi maksimal? Berikut ulasannya.

  1. Periksa Tekanan Angin
    Bisa dikatakan, ini adalah hal yang paling sederhana untuk memastikan ban tetap dalam kondisi yang maksimal. Tekanan udara ban haruslah sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan, karena tekanan yang dianjurkan telah dipelajari untuk memberikan daya cengkram ban yang maksimal.
  2. Lakukan Spooring dan Balancing
    Spooring dan Balancing juga memang terdengar sederhana, namun keduanya memberi efek yang signifikan pada kenyamanan dan keamanaan kala berkendara. Karena dengan melakukan perawatan tersebut sama saja menghindari ban tidak selaras, dan seimbang sehingga mobil tidak akan lari dan membuat pengendara kesulitan.
  3. Lakukan Rotasi Ban
    Rotasi ban dapat dilakukan dengan cara menukarkan ban depan menjadi ban belakang dan ban belakang menjadi ban depan. Hal ini dilakukan guna mendapatkan kondisi ban yang memiliki kondisi kembang sama. Dengan demikian mobil akan lebih seimbang ketimbang dengan mobil tidak melakukan rotasi.
  4. Periksa Kembang Ban
    Kembang ban yang tipis dapat dihindari dengan melakukan rotasi atau penggantian ban. Ban tipis dapat berakibat fatal karena daya cengkeram ban berkurang. Padahal kondisi jalan di musim hujan biasanya licin akibatnya adanya endapan lumpur atau pasir yang terbawa kala hujan.Untuk menentukan kembang ban sudah tipis atau tidak, bisa dilakukan dengan cara dengan memeriksa Tread Wear Indicator atau TWI. TWI terdapat pada sisi atau dinding ban terbentuk segitiga. Apabila ketebalan ban rata dengan TWI artinya ban sudah melewati masa penggunaan dan ketinggian ban sudah di bawah 1,6 mm.
  5. Bersihkan Ban
    Kondisi jalan yang tidak menentu dapat membuat ban mobil anda tertutup lumpur. Kita tidak tahu apakah di lumpur tersebut ada benda membahayakan ban seperti paku atau batu. Jadi pastikan bersihkan ban mobil Anda setelah melintasi hujan.

Namun, performa ban mobil yang prima harus didukung dengan penampilan ban prima pula. Kondisi ban kusam dan kotor memengaruhi penampilan mobil secara keseluruhan. Sebersih apapun Anda mencucinya, ban mobil tidak akan bisa menjadi hitam mengkilap. Bahkan setelah kering, ban terlihat putih dan kusam. Agar penampilan ban tambah sempurna, tidak cukup hanya dengan mencuci saja.

KIT Black Magic Tire Care adalah jawabannya, produk yang sangat praktis dalam membersihkan, mengilapkan sekaligus melindungi ban mobil. Formula water resistant-nya membuat ban menjadi hitam dan kilau wetlook  sampai berminggu-minggu, bahkan setelah dicuci atau kehujanan.

Ada 2 macam KIT Black Magic Tire Care yang bisa digunakan yaitu berbentuk gel dan foam.

KIT Black Magic Tire Foam cocok untuk mereka yang tak suka repot merawat mobil. Tinggal semprot, tak perlu disikat atau dicuci dulu. Busanya mudah meresap, membersihkan kotoran, mengilapkan dan melindungi ban. Produk dengan wangi orange ini juga aman untuk segala jenis pelek dan penutup roda. Sementara KIT Black Magic Tire Gel, menjaga ban tetap hitam dan berkilau seperti baru. Tak hanya kinclong, KIT Black Magic juga melindungi ban dari keretakan atau kegetasan.
Dengan menjaga kesehatan ban dan menggunakan KIT Black Magic, Anda pun bisa menggunakan mobil dengan lebih aman dan percaya diri. [M123]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support