Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

19 Pos Pengamanan Siap Hadang Pemudik Dari Jakarta

Berita Otomotif

19 Pos Pengamanan Siap Hadang Pemudik Dari Jakarta

JAKARTA – Pihak Kepolisian Metro Jaya akan membangun sedikitnya 19 Pos Pengamanan (Pospam) di DKI Jakarta saat Operasi Ketupat 2020.

Dari 19 Pospam tersebut, tiga di antaranya akan ditempatkan di tol Jakarta-Cikampek, Tol Jakarta-Merak dan Tol Jagorawi. Kemudian ke 16 pos lain akan mengawasi jalan arteri sekaligus menjaga pemudik yang mencoba keluar Jakarta melalui jalur alternatif.

“Tugas dari Pospam ini adalah untuk memfilter atau memberikan pengawasan kepada masyarakat yang hendak keluar wilayah jakarta. Pospam ini juga menjadi cek point kegiatan masyarakat yang terindikasi akan melakukan perjalanan mudik. Tindakan yang diajukan Kepolisian bila menemukan ini, maka kami akan memberikan peringatan keras dan kami minta untuk putar balik ke rumah masing-masing,” tegas Kombes Asep Adi Saputra, Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Polri.

Untuk melakukan operasi ini, Polri akan mengerahkan sedikitnya 175 personil di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Kepolisan, TNI Dinas Perhunungan dan stakeholder lainnya sehingga diharapkan operasi Ketupat dapat berjalan dengan lancar.

Masih Banyak Pelanggaran
Sementara itu, jumlah pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ternyata masih besar. Pada hari Selasa, 22 April 2020, jumlah pelanggar PSBB masih berjumlah ribuan orang.

“Jumlah pelanggaran yang banyak adalah tidak menggunakan masker yaitu 1124 pelanggaran. Kemudian kendaraan dengan jumlah penumpang melebihi 50% dari kapasitas ada 449 pelanggar dan roda dua berboncengan beda alamat sebanyak 228 pelanggar,” terangnya.

Jumlah tersebut cukup disayangkan mengingat DKI Jakarta merupakan salah satu wilayah yang paling banyak penderita Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tingginya mobilitas masyarakat justru akan mempercepat penularan virus sehingga PSBB berfungsi untuk menahannya. Ironisnya, efektifitas PSBB hingga kini masih belum maksimal. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang