Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

1,3 juta Orang Menggantungkan Hidupnya pada Otomotif

Berita Otomotif

1,3 juta Orang Menggantungkan Hidupnya pada Otomotif

JAKARTA – Industri otomotif di Indonesia memang tengah gencar-gencarnya untuk meningkatkan jumlah komponen lokal yang dapat dihasilkan.

Hasilnya adalah semakin besarnya perusahaan-perusahaan komponen mobil baik itu tier 1 maupun tier 2 yang beroperasi di Indonesia. Kondisi tersebut pun tentu membuka banyak lowongan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2013 saja, tercatat ada 20 pabrik otomotif di Indonesia. Jumlah tersebut berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 45.000 orang. Sementara untuk perusahaan komponen tier 1, tercatat ada 550 perusahaan yang berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 220.000 orang. Sementara untuk perusahaan komponen tier 2 tercatat ada 1.000 perusahaan dengan jumlah karyawan mencapai 180.000 orang.

Industri tersebut pun berhasil memacu pertumbuhan dari sektor lain seperti sektor penjualan produk otomotif. Tercatat ada 14.000 Authorized Outlet diseluruh Indonesia dengan jumlah karyawan mencapai 380.000 orang sementara Non- Authorized Outlet mencapai 42.000 dan mempekerjakan 504.000 orang.

Ini berarti sedikitnya ada 1,329 juta orang dan 57.570 perusahaan yang menggantungkan hidupnya dari perkembangan industri otomotif Tanah Air. Maka adalah wajar jika banyak orang berharap Industri otomotif Indonesia terus berkembang kedepannya.

“Dengan terus berkembangnya industri otomotif di Indonesia, maka adalah hal yang sangat mungkin jika suatu saat nanti Indonesia akan menjadi salah satu basis produksi utama di dunia,” ungkap Yanuarto Widi Handono, Department Head of External Affairs Division Toyota Motor Manufacturing Motor Indonesia, saat pe;atihan jurnalistik FORWOT yang didukung oleh Suzuki, Toyota, Isuzu, dan GT Radial, beberapa waktu lalu. [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang