Yuk Menjadi Pedestrian yang Cerdas

Panduan Pembeli

Yuk Menjadi Pedestrian yang Cerdas

JAKARTA – Keselamatan di jalan tidak semata-mata menjadi tanggung jawab pengemudi mobil dan motor, juga tanggung jawab pejalan kaki atau pedestrian.

Lantas, bagaimanakah untuk menjadi pejalan kaki yang aman dan tidak mengganggu kendaraan di jalan? Berikut adalah tips untuk Anda.

  1. Selalu berjalan di atas trotoar. Ingat, fungsi trotoar adalah untuk pejalan kaki, bukan untuk berdagang, parkir kendaraan serta jalur pesepedamotor
  2. Selalu gunakan zebra cross atau jembatan penyebrangan bila hendak menyebrang jalan.
  3. Jangan menganggap pengemudi kendaraan dapat melihat dan berhenti untuk Anda. Lebih baik tunggu semua kendaraan berhenti sebelum menyebrang.
  4. Di persimpangan, periksa kembali kendaraan yang akan berbelok sebelum Anda melangkah keluar dari trotoar dan saat Anda menyebrang jalan.
  5. Hindari melintas di antara mobil yang diparkir dan hindari pula berjalan di belakang atau di depan bus.
  6. Gunakan pakaian terang khususnya pada malam hari. Dengan menggunakan pakaian terang, pengemudi dapat lebih mudah melihat Anda.
  7. Jangan gunakan handphone saat berjalan. Menggunakan handphone dapat mengurangi konsentrasi Anda dan membuat Anda tidak mendengar suara kendaraan.
  8. Saat akan melintas di persimpangan dengan lampu lalu lintas untuk penyebrang jalan, pastikan semua kendaraan telah berhenti. Jangan jalan bila lampu masih berwarna merah, Pedestrian countdown timer menunjukkan berapa detik yang tersisa untuk menyebrang. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual