Yamaha Lelang R1 Langka untuk Badan Penelitian Kanker

Berita Otomotif

Yamaha Lelang R1 Langka untuk Badan Penelitian Kanker

ESTORIL – Yamaha R1 2020 disulap jadi replika pembalap WSBK Pirovano dan dilelang untuk tujuan kemanusiaan.

Yamaha R1 berkelir putih tersebut hanya dibuat satu unit saja maka akan menjadi sangat langka. Kuda besi ini dilelang dan hasilnya diberikan kepada badan penelitian kanker Fondazione Oncologia Niguarda Onlus.

Pirovano alias Piro merupakan pembalap WSBK Yamaha pada era 80-an sampai 90-an. Pembalap asal Italia tersebut meninggal dunia pada 2016 setelah berjuang cukup lama, melawan kanker. Lelang ini dilakukan di Estoril karena pembalap tersebut meraih juara di Estoril pada 1993. Kemenangan tersebut menjadi yang ke-10 sekaligus terakhirnya bersama Yamaha.

Saat balapan di WBSK dia memakai Yamaha YZF-750 SP dengan skema warna yang cukup ikonik. Pada musim 1994, dia pindah ke Ducati dan akhirnya pensiun pada 2001 bersama Suzuki. Lelang motor dilakukan secara online dan berlangsung di eBay. Pembukaan dimulai Kamis 22 Oktober pukul 05.00 WIB hingga Minggu 1 November pukul 05.00 WIB.

Pemenang dapat memilih apakah ingin motor versi balap atau yang road legal memakai lampu dan sepatbor. Pemenang juga dapat memilih menggunakan knalpot Akrapovic dan ban Pirelli sebagai opsi.
Yamaha Piro
“Fabrizio Pirovano bukan hanya seorang pembalap, namun lebih dari itu. Ia adalah seorang yang telah meninggalkan kenangan yang tidak terhapuskan dan istimewa di keluarga WSBK dan Yamaha. Kembali ke WSBK bersama Yamaha, merupakan kesempatan unik bagi kita semua untuk mengenangnya,” ucap Andrea Dosoli, Road Racing Manager Yamaha Motor Europe.

Motor ini dibuat dengan basis R1 2020 dengan kelir dominan putih dan grafis pink dan biru. Yamaha R1 ini juga terdapat nomor 5 yang menjadi ciri khas sang pembalap. Penawar tertinggi akan berkesempatan untuk memiliki motor satu-satunya ini.

Di Indonesia, Yamaha R1 2020 dipasarkan dengan harga Rp 605 juta on-the road Jakarta. Motor ini telah dilengkapi dengan ABS dengan Unified Brake System. Mesin dan silinder head kendaraan ini memiliki kompresi tinggi dan bobotnyapun ringan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar