Yamaha YZF-R1 dan YZF-R6 Versi Sirkuit Mulai Dipasarkan

Berita Otomotif

Yamaha YZF-R1 dan YZF-R6 Versi Sirkuit Mulai Dipasarkan

HAMAMATSU – Yamaha Motor Co membuka keran pemesanan untuk YZF-R1 dan YZF-R6 2021 versi sirkuit.

Yamaha memberikan kesempatan bagi para penggiat kecepatan untuk menyalurkan hasratnya di dalam sirkuit resmi. Saking seriusnya, kedua motor ini tidak bisa dipakai di jalanan umum karena tidak didaftrkan sebagai motor pada umumnya, artinya memang khusus motor balap.

Yamaha YZF-R6 2021 race-base-car
Yamaha YZF-R6 2021 Race-Base Car

Kuda besi ini merupakan kendaraan yang sama dengan versi 2020 dengan spesifikasi Eropa. Namun yang membedakan adalah beberapa ubahan dilakukan untuk membuat performa motor lebih beringas.

Karena motor tersebut khusus diaplikasikan dalam sirkuit, pabrikan berlambang Garpu Tala ini menancapkan fitur TCS (Traction Control System) dan QSS (Quick Shift System). Sementara sektor kaki-kaki alias suspensi dan rem masih menggunakan model yang sama dengan YZF-R1 2019.

Yamaha YZF-R6 sendiri digunakan oleh pembalap Indonesia Galang Hendra Pratama di ajang World Supersport 600 (WSSP 600) 2020. Pembalap asal Yogyakarta tersebut menapaki karir sebagai pembalap profesional dan berlaga di turnamen kelas dunia.

Yamaha YZF-R1 Race-base-car
yamaha YZF-R1

Sama layaknya Yamaha YZF-R6 versi balap, motor ini juga mengalami ubahan dari sektor komputerisasinya atau ECU. Yamaha YZF-R1 2021 Race-base-car disandingkan dengan YCC-T (Electronically Controlled Throttle) dan APSG (Accelerator Opening Sensor Grip). Lebih jauh, motor ini juga disematkan EBM (Engine Braking Management) dan BC (Brake Control) yang membuatnya semakin nyaman di lintasan balap.

Yamaha YZF-R1 merupakan tunggangan para pembalap di ajang World Superbike (WSBK). Toprak Razgatlioglu dan Michael van Der Mark menjadi joki andalan tim Yamaha musim ini.

Kedua motor di atas merupakan unit yang dijual secara terbatas. Kuda besi ini dibuat berdasarkan pemesanan dari konsumen. Keran pemesanan sendiri dibuka pada 4 hingga 30 September 2020. Lalu gelombang keduanya baru dibuka pemesanannya pada 1 Oktober hingga 30 November 2020.

Baik YZF-R6 maupun YZF-R1 2021 dapat dipesan dan dikirimkan ke seluruh dunia, Tentunya melalui serangkaian proses. Di Indonesia, konsumen bisa melakukan pemesanan melalui divisi motor gede dari Yamaha Indonesia.

Khusus untuk pembelian Yamaha YZF-R6, konsumen akan mendapatkan motor lengkap dengan lampu utama, sein dan lampu rem. Sementara pada pembelian YZF-R1 semua yang disebutkan di atas tidak termasuk.

Kedua motor akan dikirim ke tangan konsumen dengan menggunakan ECU standar. Sedangkan ECU khusus balapnya dikirim secara terpisah. Motor ini juga tidak memiliki garansi sehingga pembelinya tidak bisa protes atau klaim jika ada kerusakan.

Yamaha YZF-R6 Race-base-car dipasarkan dengan harga Rp 177 juta dan Yamaha YZF-R1 Race-base-car ditawarkan dengan banderol Rp 318 juta. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar