Wuling Almaz, SUV China dengan Nama Arab

Berita Otomotif

Wuling Almaz, SUV China dengan Nama Arab

JAKARTA – Sport utility vehicle (SUV) pertama Wuling di pasar Indonesia diberikan nama yang berasal dari bahasa Arab.

SUV Wuling yang bernama Almaz diperkenalkan dalam acara Temu Awal Tahun dengan Media Massa pada Rabu (23/1/2019) di Sentul, Bogor. Produk tersebut di negara asal Wuling di China bernama Baojun 530 dan sudah sempat dipajang selama ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018.

Dian Asmahani, Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia, menjelaskan bahwa nama Almaz diambil dari bahasa Arab. Ini berbeda dengan tiga produk sebelumnya yang diberi nama dari bahasa latin yaitu Confero serta Cortez (1.5-liter dan 1.8-liter).

Almaz, lanjut Dian, berarti berlian. Nama ini dipilih karena filosofi yang ada di dalam sebuah berlian dianggap mencerminkan karakter SUV Wuling tersebut.

“Berlian itu punya filosofi. Benda ini sangat indah dan stylish (keren). Berlian juga tangguh. Berharga,” tandasnya di dalam sesi tanya-jawab.

Di saat yang sama, Wuling juga memaparkan spesifikasi Almaz. SUV satu ini berkapasitas lima penumpang dengan kursi belakang dapat dilipat rata dengan lantai.

Di balik kap depan terdapat mesin bensin 1.5-liter turbo dengan torsi 250 Nm. Mesin dipadukan dengan transmisi CVT delapan percepatan.

Untuk kenyamanan, ada fitur Head Unit 10 inchi, 360 Degree Camera, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Wuling LinkStart/Stop Button, Keyless Remote, Keyless Entry, Six-ways Electric Adjustable Driver Seat, USB Charging serta AC vent di baris kedua, Cruise Control dan Sun Roof.

Fitur keaman juga banyak. Terdapat dua sensor parkir di depan dan empat sensor parkir di belakang, Traction Control System, Electronic Stability Control, Hill Hold Control, sistem pengereman ABS – EBD – BA, empat airbag yang tersebar di depan serta samping, Seatbelt Reminder, Immobilizer, Rear Disc Brake, Emergency Stop Signal, struktur bodi dari baja berkekuatan tinggi.

Sistem penggerak roda tidak disebutkan. Namun, berdasarkan informasi dealer, Almaz menggunakan penggerak roda depan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar