Wuling akan Luncurkan Mobil Listrik Tahun Depan

Mobil Baru

Wuling akan Luncurkan Mobil Listrik Tahun Depan

BEKASI – Wuling Motors Indonesia diam-diam tengah merencanakan untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia pada tahun 2020.

Bocornya rencananya tersebut disampaikan oleh Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian saat meresmikan ekspor perdana Chevrolet Captiva di pabrik Wuling di Bekasi. Ia mengatakan bahwa dirinya telah melihat roadmap pengembangan kendaraan Wuling di Indonesia.

“Dalam roadmap yang Saya lihat sebelum acara, ada beberapa kendaraan berbasis listrik. Tadi tulisannya Saya perhatikan tertulis tahun 2020, walau Presiden Direkturnya belum melapor,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ia pun mengatakan bahwa sebenarnya Wuling pun sebenarnya sudah siap dengan teknologi mobil otonom. Ini karena Wuling E200 yang ditampilkan pada ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 lalu memang memiliki teknologi tersebut.

“Wuling pun siap untuk mobil otonom. Tadi ditampilkan kemampuan dari E200 dan tentunya ini menunjukkan teknologi yang dikuasai oleh Wuling sudah sangat maju,” tegasnya.

Guna mendukung kemajuan tersebut, Airlangga pun kembali menegaskan komitmen Pemerintah untuk dapat memudahkan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Semua itu telah tertuang dalam Peraturan Presiden No. 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“Sejalan dengan hal tersebut, saat ini juga tengah dilakukan finalisasi harmonisasi Peraturan Pemerintah tentang PPnBM Kendaraan Bermotor, dimana dalam skema PPnBM yang baru tarif yang saat ini dihitung berdasarkan kapasitas mesin akan ditambahkan parameter penghitungan baru yaitu konsumsi bahan bakar dan emisi CO2,” tambahnya.

Sementara itu ) Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, and Marketing (VSM) mengakui bahwa pihaknya berencana untuk menghadirkan mobil listrik ke Tanah Air. Hanya saja, waktu peluncurannya masih belum ditentukan.

“Yang paling penting adalah kebijakan Pemerintah tentang mobil listrik di Indonesia. Jadi setelah berbincang, Pemerintah akan mensupport beberapa bagian dari EV. Tapi untuk keseluruhan produk, kami dari Wuling sebenarnya sudah siap,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support