Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Widya Wahana V, Mobil Bertenaga Surya Ciptaan Mahasiswa ITS Surabaya

Berita Otomotif

Widya Wahana V, Mobil Bertenaga Surya Ciptaan Mahasiswa ITS Surabaya

JAKARTA - Mahasiswa Indonesia kembali siap memperlihatkan gebrakan. Mahasiswa ITS Surabaya menciptakan mobil listrik bertenaga surya bernama Widya Wahana V. Mobil tersebut kini tengah di tes dari Jakarta sampai Bali.

Mobil ini sendiri melakukan 'Tour de Java-Bali' mulai kemarin setelah dilepas oleh Menristek Mohamad Nasir.

Widya Wahana V akan menempuh uji coba Jakarta-Denpasar sebelum diikutkan dalam lomba internasional di Australia.
 Dari Jakarta menuju Semarang diterima dan kemudian dilepas oleh Gubernur Ganjar Pranowo. 

Setelah itu, dilanjutkan ke Surabaya diterima kemudian dilepas Walikota Risma dan Gubernur Sukarwo. Kemudian menuju Banyuwangi diterima Bupati Anas. Finish di GWK Bali diterima Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

ITS membangun mobil listrik bertenaga surya Widya Wahana V yang merupakan mobil listrik hemat energi dan ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali. 

Oktober mendatang Widya Wahana V akan diperlombakan pada World Solar Challenge 2015, Australia (WSC 2015).

World Solar Challenge merupakan perlombaan mobil surya tingkat internasional, yaitu perjalanan sejauh 3000 km dari Darwin (Australia Utara) hingga Adelaide (Australia Selatan). 

Tantangan dari WSC 2015 adalah bagaimana mengolah tenaga surya pada mobil agar dapat menyelesaikan perjalanan dalam jangka waktu maksimal 6 hari dengan jam race (jalannya mobil) yang di tentukan, yaitu hanya 9 jam (08.00 – 17.00 Waktu setempat) per harinya. 

Di tambah dengan tantangan suhu Australia yang cukup ekstrem, yaitu berkisar antara 20 – 30 derajat celcius. Tempat pemberhentian (pit stop) yang tidak menentu, keadaan jalanan yang penuh dengan road train menjadi tantangan lainnya. 


Keikutsertaan ITS Solar Car Racing Team pada World Solar Challenge 2015 merupakan pembuktian bahwa mahasiswa/i Indonesia mampu bersaing dalam kompetisi global dengan tim-tim dari perguruan tinggi ternama di dunia seperti Tokai University, Michigan, Stamford University, MIT, Cambridge University, dan perguruan tinggi top lainnya.  

ITS merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia dalam perlombaan tersebut. 

Dengan motor listrik berkekuatan 12 x 2 kW, Widya Wahana V dapat melaju hingga kecepatan maksimal 150 km/jam dan memiliki jarak tempuh 700 km/charge. 

ITS Surabaya berharap Widya Wahana V mampu menorehkan prestasi maksimal pada WSC 2015, yaitu menjadi juara dunia.
 Sama seperti mobil keluaran ITS lainnya mobil ini perlu di uji coba sebelum berlaga di negeri kangguru tersebut. 

Kegiatan Tour de Java Bali ini juga diselenggarakan dengan harapan dapat mensosialisasikan pentingnya pengembangan transportasi bertenaga alternatif khususnya tenaga surya/matahari pada masyarakat Indonesia. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang