Waspadai Nyala Indikator Check Engine

Panduan Pembeli

Waspadai Nyala Indikator Check Engine

JAKARTA – Anda harus waspada jika tiba-tiba muncul indikator berbentuk mesin menyala berwarna kuning di cluster meter atau engine check. Karena itu pertanda ada gangguan atau mungkin kerusakan pada ECU

Nyala lampu ini mendeteksi kerusakan atau gangguan yang diberitakan oleh beberapa sensor elektronik pada mesin. Sebaiknya segera sambangi bengkel langganan Anda yang sudah memiliki Scanner Tool. Ini ibarat prosedur cek darah pada manusia untuk mengetahui kondisi tubuh teraktual.

Dengan alat ini kita bisa segera mengetahui apa yang sedang terjadi. Masalah bisa bermacam-macam, dari paling sepele yakni terdapat soket kelistrikan atau sensor yang kendor atau kotor hingga memang ada kerusakan ECU.

Jadi untuk meminimalisir risiko lebih lanjut, dianjurkan segera mengetahui dan memperbaikinya. Karena indikator lampu berwarna kuning pada engine check itu menandakan Anda harus waspada. Bisa saja malfungsi terjadi pada sistem keselamatan pasif Anda yang berujung tidak bekerja sebagaimana mestinya saat dibutuhkan.

Jangan sekali-kali mengambil jalan pintas untuk mematikan lampu check engine. Kode-kode untuk melakukan hal tersebut banyak tersebar di dunia maya dengan beragam cara tergantung dari merek dan varian mobilnya.

Ada beberapa risiko jika hal tersebut dilakukan karena cara ini hanya mematikan lampu peringatan tanpa menyelesaikan problem yang terjadi. Dan kadang melakukan hal ini membuat diagnostic analizer tidak dapat memberikan informasi akurat seputar kerusakan yang terjadi.

Salah satu pemicu yang sensitif membuat lampu engine cek menyala adalah saat Anda melakukan beberapa langkah modifikasi. Seperti saat Anda mengganti knalpot atau melepas catalytic convereter. Karena terdapat satu sensor di sana yang bekerja memindai emisi.

Kondisi ini bisa juga saat Anda memodifikasi sistem kelistrikan atau pengapian. Jadi sebaiknya pikir-pikir atau serahkan kepada ahlinya jika Anda ingin melakukan modifikasi yang bersinggungan dengan kerja ECU.

Faktor penyebab lain dari terganggunya kinerja ECU adalah terkena air atau kabel-kabel digigit tikus. Lainnya, malfungsi ECU juga terjadi karena faktor umur kendaraan dan telah memiliki jarak tempuh yang cukup jauh.

Lampu indikator engine check otomatis padam jika masalah sudah terpecahkan. [Ari/Ikh] 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual