Waspada, Innova jadi Mobil Favorit Pencuri

Berita Otomotif

Waspada, Innova jadi Mobil Favorit Pencuri

JAKARTA – Pencurian mobil di Indonesia memang terbilang marak. Lengah sedikit, mobil bisa langsung lenyap dari pandangan.

Lantas, mobil-mobil apa yang paling sering menjadi sasaran pencurian?

“Mobil-mobil yang curian yang banyak di pasar mobil bekas adalah Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza,” ungkap Okhe.

"Hal ini disebabkan banyaknya orang mencari kedua mobil tersebut.  Kalau dulu itu Kijang yang paling banyak (mobil curian),” ungkap Okhe, pemilik dealer mobil bekas Geraldi Auto.

Untuk itu, Ia mengharapkan agar para pencari mobil bekas lebih berhati-hati dalam memilih mobil bekas.

“Pastikan surat-suratnya asli dengan memeriksanya di Samsat. Sebab, kalau ternyata membeli mobil dengan surat yang palsu, akibatnya bisa panjang,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa mobil dengan surat yang palsu bisa membuat orang dipidana.

“Kalau pembelinya bisa kena karena dianggap penadah sementara untuk penjualnya bisa ditangkap dengan pasal penipuan. Jadi panjang urusannya. Karena itulah, pastikan keaslian surat-surat tersebut sebelum melakukan transaksi,” ujarnya.

Selain memeriksa ke Samsat, mobil juga sebaiknya diperiksa ke leasing. Kalau mobil bekas curian, biasanya surat-suratnya sudah diblokir dan tidak bisa ganti nama. Pembeli harus membuka blocknya terlebih dahulu dan itu cukup panjang urusannya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual