Wapres JK: Jika Industri Otomotif Berkembang akan Majukan Industri Kecil

Berita Otomotif

Wapres JK: Jika Industri Otomotif Berkembang akan Majukan Industri Kecil

TANGERANG – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap industri otomotif Indonesia kian maju, dan memberikan keuntungan kepada para pengguna, perusahaan, dari hulu sampai hilir.

"Jika industri otomotif berkembang, maka industri kecilnya ikut berkembang. Banyak dealer dan part shop juga ikut mendukung. Di Amerika kemajuan suatu negara diukur dari dua hal, yakni berapa banyak jumlah kendaraan dan berapa banyak jumlah rumah. Tentu di masa yang akan datang hal itu juga bisa diukur di Indonesia," kata Jusuf Kalla, saat membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, hari ini (11/8/2016).

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Johannes Nangoi menilai acara GIIAS 2016 adalah event penting guna menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Kehadiran GIIAS diharapkan dapat mendorong pasar domestik dan ekspor dari Indonesia. Tahun 2015 total produksi otomotif dalam negeri mencapai 1.898.780 unit. Dan di semester I 2016 jumlah mencapai 601.461 unit atau naik 3,8 persen dibanding periode sama tahun lalu"‎ kata Johannes.

Menurut Johannes, GAIKINDO kembali mewujudkan komitmennya dalam mendorong industri otomotif nasional, melalui penyelenggaraan gelaran otomotif berskala internasional, GIIAS 2016. Sebanyak lebih kurang 33 mobil baru dan mobil konsep siap diluncurkan.

Diharapkan pameran dengan tema pada penekanan, kendaraan berteknologi ramah lingkungan, untuk masa depan yang lebih baik ini mampu mewujudkan mimpi Indonesia sebagai negara pengekspor otomotif terbesar di dunia.

GIIAS 2016 akan diikuti oleh total 361 stand peserta pameran termasuk 31 merek kendaraan dari APM (agen pemegang merek kendaraan).

GIIAS 2016 melibatkan 25 merek kendaraan penumpang seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Dodge, Ford, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Jeep, KIA, Land Rover, Lexus Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volkswagen, Wuling dan 6 merek kendaraan komersial yang terdiri dari FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors dan UD Trucks.

Bukan hanya dari passenger cars, APM (agen pemegang merek) commercial vehicle pun tidak ketinggalan akan mengusung produk terbarunya seperti FAW asal China yang akan mengenalkan FB240CG-6x2-Chasis Chargo.

Toyota akan menampilkan Toyota CH-R, sementara itu Mitsubishi Motors akan menghadirkan World Premiere Debut Small Crossover MPV yang telah lama dinanti. Mobil penumpang itu diklaim akan menyajikan ketangguhan SUV dan kenyamanan MPV. [Ikh]



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support