Wabah Corona Paksa Pabrikan-Pabrikan Mobil ini Beralih Produksi Alat Medis

Berita Otomotif

Wabah Corona Paksa Pabrikan-Pabrikan Mobil ini Beralih Produksi Alat Medis

DEARBORN - Ford dan Fiat Chrysler Automobile (FCA) mengumumkan telah memulai produksi peralatan medis guna membantu korban pandemi Corona.

Wabah Corona dengan penyakit bernama resmi Covid-19 membuat semua elemen bahu-membahu untuk bisa mengatasi pandemi. Beragam cara dilakukan, salah satunya dilakukan oleh Ford dan FCA yang memutuskan akan memproduksi alat-alat medis seperti masker, ventilator serta pelindung wajah. Mobil123.com sendiri sebelumnya telah memberitakan rencana tersebut dan ini merupakan salah satu lanjutan untuk merealisasikannya.

Ford memulai langkahnya dengan menggandeng perusahaan 3M dan GE Healthcare sebagai mitra. Kreativitas dan kapasitas ketiga perusahaan ini dimaksimalkan agar produksi mereka bisa efisien.

Pertama, Ford mencoba membantu memproduksi air-purifying respirators atau pemurni udara secara cepat yang sudah dibuat oleh 3M. Dan selain itu Ford coba mengembangkan model terbaru alat pemurni udara ini dengan menggunakan bagian-bagian dari kedua perusahaan. 

Ford mengatakan pembuatan alat ini dilakukan di pabrik mereka di Michigan. Dan didukung oleh United Automobile Worker (UAW) atau sarikat pekerja pabrikan kendaraan, pesawat serta agricultural, klaimnya mereka bisa meningkatkan produksi 10 kali lipat dari yang biasa dibuat 3M.

Beragam komponen yang terdapat pada mobil dan bisa seusai dengan alat pemurni udara ini coba dimaksimalkan. Seperti contohnya menggunakan kipas pada kursi berventilasi dari Ford F-150.

Kedua adalah kemitraan Ford dan GE Healthcare. Di sini Ford mencoba membantu membuat versi sederhana dari ventilator yang telah dibuat GE Healthcare. Secara detail pembuatan alat ini tidak banyak dibicarakan namun yang pasti lokasi produksi ada di fasilitas pabrik Ford dan juga GE.

Dan tak hanya itu, Ford juga tengah membuat perisai wajah penuh transparan untuk pekerja medis. 1.000 unit pertama akan diuji di Detroit Mercy, Henry Ford Health Systems dan rumah sakit Detroit Medical Center Sinai-Grace di Michigan.


Kabarnya 75.000 pelindung wajah akan dibuat minggu. Ford berharap dapat membuat lebih dari 100 ribu per munggu di fasilitas mereka Troy Design and Manufacturing di Plymouth, Michigan.

Di tempat berbeda, FCA berencana untuk membuat lebih dari 1 juta masker wajah per bulan sebagai langkah awal. Minggu ini mereka sedang menginstal peralatan khusus di pabrik mereka dan produksi akan dimulai beberapa minggu mendatang.

Hasil produksi masker pertam akan dikirim ke Amerika Serikat. Mereka akan menyumbangkan ke rumah sakit, klinik perawatan kesehatan dan first responder atau petugas yang pertama melakukan evakuasi atau memberikan bantuan medis kepada korban.

"Melindungi first responder dan petugas medis sangat penting pada kondisi ini sehingga mereka dapat mengerahkan kemampuan mereka. Fokus kami cepat menginstal peralatan dan mulai memproduksi untuk mendukung mereka yang berada di garis depan," kata Mike Manley, CEO FCA.

Lalu bagaimana pabrikan-pabrikan mobil di Indonesia, apakah sudah ada langkah untuk melakukan ini? Nantikan berita selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support