Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

VW Tiguan Allspace First Drive

Review

VW Tiguan Allspace First Drive

JAKARTA – VW Tiguan Allspace menjadi salah satu pilihan yang sangat menari di segmen SUV 7-seater premium (mewah) di Indonesia. VW Tiguan Allspace merupakan sebuah varian dari mobil terlaris VW  Tiguan. Harga Tiguan Allspace Rp 625 juta on-the-road DKI Jakarta.

Generasi kedua VW Tiguan ini menjadi SUV pertama Volkswagen yang menggunakan platform MQB (Modular Transverse Matrix). Posisinya di antara VW Tiguan dan VW Touareg.

Inilah mobil keluarga yang lega dengan wheelbase lebih panjang 109 mm dan panjang eksterior tambahan 215 mm daripada VW Tiguan untuk menampung lebih banyak penumpang, lebih banyak bagasi dan bahkan lebih banyak keserbagunaan.

Kapasitas bagasi hingga 760 liter  Saat mobil dimuat oleh barang-barang setinggi atap hingga sandaran kursi-kursi baris pertama, kapasitas penyimpanannya sangat mengesankan mencapai 1.920 liter.

Membuka pintu bagasi dimudahkan berkat fitur ‘Easy Open’. Anda tinggal menggoyangkan kaki di bawah bagasi untuk membuka pintunya.

EKSTERIOR

VW Tiguan Allspace menampilkan desain eksterior tegas dan elegan. Lampu-lampu depan terlihat ramping dan tajam. Semuanya menganut LED, sama halnya dengan DRL (daytime running light).

Desain buritan mobil pun terpahat dan memancarkan aura ketegasan. Lampu-lampu LED menghiasi bagian ini.

INTERIOR

Volkswagen Active Info Display menampilkan layar informasi multifungsi compact dan didesain untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi.  Layar 12.3 inch menyajikan berbagai profil informasi yang memungkinkan pengemudi melakukan kustomisasi profil yang disukai dan memilih data spesifik yang ingin ditampilkan di panel instrumen selain speedometer dan odometer.

Di bagian tengah konsol terdapat layar-sentuh berwarna 8,0 inch advance infotainment “composition media” dengan fitur mirror link yang akan memberikan pengalaman menyenangkan saat berkendara. VW melengkapi kenyamanan berkendara dengan 3 Zone Climatronic AC di mana kontrol intensitas udara dan otomatisasi resirkulasi udara memastikan suhu yang dapat diatur sesuai kebutuhan individu pengemudi, penumpang depan dan penumpang di kursi belakang.

DERETAN FITUR KESELAMATAN VW TIGUAN ALLSPACE

Sebagai SUV 7-seater premium, dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yakni:

  • Kamera 360° “Area View”
  • Electronic Stability Control (ESC)
  • Enam buah Airbag
  • Tire Pressure Monitoring
  • Electronic Parking Brake dengan Autohold
  • ISOFIX
  • Salah satu fitur keselamatan unik adalah Automatic Post Collision Brake System. Dengan input sensor dari airbag, Automatic Post Collision Braking System akan bekerja untuk menghindari akibat benturan agar tidak semakin parah. Secara otomatis fitur ini akan memulai pengereman setelah kendaraan mengalami tabrakan dan mempercepat pengereman untuk meminimalkan benturan yang mungkin terjadi selanjutnya.

MESIN VW Tiguan ALLSPACE

VW menanam mesin 1.4-liter TSI bertenaga 150 bhp dan bertorsi 250 Nm. Jantung mekanis ini dikencani oleh transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic.

VW mengklaim mobil berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik, dan kecepatan puncak hingga 202 km/jam.

Pengendaraan VW Tiguan All Space didukung fitur Adaptive/Dynamic Chassis Control (DCC) yang memberikan pilihan mode pengendaraan sesuai dengan kebutuhan pengemud: normal, comfortable, sporty, individual, dan eco style.

Kami sendiri sempat mengendarainya selama 2 hari di jalan-jalan kota Jakarta. Sebagai SUV, suspensinya rigid namun tetap nyaman. Setirnya ringan sehingga memudahkan pengemudi untuk bermanuver, namun ketika kecepatan bertambah kemudi akan memberat. Performa mesin tak perlu diragukan lagi, tendangan turbo-nya akan langsung terasa ketika pedal akselerasi ditekan lebih dalam.

Park Assist sangat membantu pengendara untuk parkir mobil parallel. Sistem ini akan bekerja secara otomatis. [Idr]

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang