Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Volvo Kembangkan Bus Gandeng Tiga

Berita Otomotif

Volvo Kembangkan Bus Gandeng Tiga

BRASILIA – Pernah naik bus TransJakarta atau kereta Commuter Line pada jam-jam sibuk? Padat bukan?

Dengan kepadatan tersebut, maka Pemerintah DKI Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia terus menambah jumlah armada bus TransJakarta serta Commuter line untuk menampung banyaknya penumpang. Namun ternyata penumpang masih tetap padat.

Untuk mengatasi kondisi semacam itu, Volvo pun mengembangkan sebuah bus dimensi yang lebih besar dibanding bus pada umumnya. Bus tersebut diberi nama new Gran Artic 300 dengan sasis biarticulated dan mampu menampung hingga 300 penumpang sekali jalan.

Panjang Gran Artic mencapai 30,48 meter, jauh lebih panjang jika dibanding dengan bus Artic tipe 150 dan 180 yang memiliki panjang 18,5 meter hingga 21 meter. Sementara Super Artic memiliki panjang 22 meter.

Volvo mengembangkan Gran Artic 300 untuk Bus Rapid Transit systems di Brazil dan mengklaim bus ini mampu membawa 30 penumpang lebih banyak dibanding bus paling besar yang ada di sana saat ini. Volvo juga mengklaim bahwa kapasitas Grand Artic sama dengan tiga bus berukuran normal. Dengan demikian, maka diharapkan jumlah bus dan polusi udara di Brazil dapat dikurangi.

Nah, bila Pemerintah tertarik dengan bus ini, mungkin kepadatan bus TransJakarta dan Commuter Line bisa lebih dikurangi. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang