Usung Konsep Baru, Jakarta Auto Week 2023 Siap Berlangsung Tanggal Ini

Berita Otomotif

Usung Konsep Baru, Jakarta Auto Week 2023 Siap Berlangsung Tanggal Ini

JAKARTA – Jakarta Auto Week (JAW) akan digelar lagi para akhir kuartal satu 2023 dan bersiap mengusung konsep baru.

JAW 2023, menurut keterangan resmi pada Selasa (4/10/2022), dijadwalkan berlangsung pada 11-19 Maret. Adapun lokasinya masih tetap di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut pameran otomotif satu ini mereka inisiasi untuk ikut mendorong industri otomotif nasional.

Ia berharap pasar jika pasar makin besar, investor-investor makin banyak berdatangan.

“Saat ini, posisi industri otomotif dalam negeri terus menguat dan pelaksanaan JAW menjadi sangat penting untuk terus mendorong industri otomotif, menciptakan market (pasar) yang besar di Indonesia. Dengan demikian, akan menarik para investor untuk melahirkan kendaraan model baru di Indonesia, untuk memenuhi market tersebut,” papar dia melalui pernyataan pers.

Sekarang, ada tiga pameran otomotif berskala besar yang dihelat di negeri ini dua di antaranya adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dikemas lebih 'megah'.

JAW, yang pertama kali dihelat pada 2022, serta GIIAS disokong langsung oleh Gaikindo.

Lebih lanjut, para peserta JAW 2023 kelak terdiri dari 16 merek mobil.

Daftarnya, seperti dijabarkan dalam pernyataan pers, terdiri dari Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier berharap JAW 2023 dapat menjadi katalis pengungkit produktivitas dalam peningkatan nilai tambah sektor industri.

Apalagi, pada triwulan kedua 2022, industri alat angkut mengalami pertumbuhan 7,35 persen year on year khususnya berkat kontribusi dari dunia otomotif.

“Dengan diselenggarakannya pameran ini diharapkan semakin banyak masyarakat mengenal perkembangan industri otomotif,” tandasnya pada acara temu peserta JAW 2023 pada 27 September 2022 kemarin di Jakarta.

JAW 2023 sendiri bakal mengubah konsep pameran menjadi "Automotive x Lifestyle" yang memadukan produk terbaru dengan gaya hidup (lifestyle).

“JAW 2023 akan mengembangkan identitas baru. Tidak hanya akan menampilkan produk terbaru dengan penawaran dan promosi terbaik dari industri otomotif Indonesia, namun juga akan memadukannya dengan perkembangan tren lifestyle masyarakat,” pungkas Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah.

JAW 2023 tidak hanya akan terdiri dari test drive, test ride, melainkan juga Modification Contest, Community Gathering, JAW Talks, Live Music, Fashion Show, serta Automotive Art Installation. [Xan/Dms]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar