Urusan Paten di Sektor Otomotif, Samsung Kalahkan Apple & Google

Berita Otomotif

Urusan Paten di Sektor Otomotif, Samsung Kalahkan Apple & Google

JAKARTA - Dalam beberapa bulan belakangan raksasa teknologi seperti Apple, Nokia dan Google menghiasi pemberitaan industri otomotif. Namun siapa sangka kalau diantara semuanya, justru Samsung yang sudah lebih dahulu memegang banyak paten di sektor otomotif.

Hal itu tentu mengagetkan, karena sang rival, Apple terlihat sangat ambisius masuk industri otomotif. Tapi urusan paten, Apple masih jauh di belakang.

Dalam sebuah perhitungan yang dilakukan oleh SmartUp Legal dan dilaporkan Forbes, Apple hanya memiliki 83 paten di industri otomotif. Sebagai perbandingan, Samsung memegang 510 patetn dan Google tidak jauh di belakangnya dengan 308 paten. Microsoft duduk di posisi ketiga dengan 222 paten.

Samsung memegang banyak paten terkait teknologi baterai karena mereka masih memiliki saham di Renault Samsung Motors. Dan divisi Samsung SDI adalah salah satu pembuat baterai yang terbesar dan mengembangkannya untuk Audi, BMW, Ford dan pabrikan lain.

Sementara kekayaan intelektual Google lebih berfokus pada navigasi dan teknologi untuk kendaraan autopilot. Namun, karena agresfitasnya, raksasa pencarian itu diperkirakan akan memimpin dalam beberapa tahun ke depan.

Sedangkan Apple tidak memiliki banyak paten navigasi, tetapi sebaliknya, berfokus pada user interface. 

Melihat penyebaran paten itu, pendiri SmartUp Legal Mikhail Avady mengatakan kalau semua perusahaan teknologi siap bermain di industri otomotif. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual