Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ujicoba berakhir, Surabaya Resmi Terapkan Tilang Elektronik

Berita Otomotif

Ujicoba berakhir, Surabaya Resmi Terapkan Tilang Elektronik

SURABAYA – Polda Jawa Timur resmi memberlakukan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-Tilang di Surabaya mulai 14 Januari 2020.

Sebelumnya, Polda Jatim baru melakukan ujicoba sejak 8 Januari lalu. Dari hasil uji coba tersebut sedikitnya terjaring 100 pelanggaran per hari. Jumlah pelanggaran tercatat tersebut akan menjadi target Polda Jatim ke depan.

Tilang elektronik ini memang masih di kawasan Surabaya saja, namun pengembangan akan terus dilanjutkan hingga seluruh Jawa Timur dapat menerapkannya. Diharapkan dengan adanya tilang elektronik ini, masyarakat akan lebih disiplin dalam berkendara.

“Baru Surabaya aja, nanti Bapak Kapolda akan mengimbau juga pemerintah kabupaten kota di seluruh Jawa Timur untuk bisa menindaklanjuti ini memasang beberapa titik di daerahnya masing-masing,” ungkap Kombes Budi Indra Dermawan, Dirlantas Polda Jatim.

E-TLE ini merupakan sistem penegakan hukum lalu lintas yang berbasis teknologi informasi, yang menggunakan perangkat elektronik berupa kamera. Nantinya, kamera akan mendeteksi jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis atau Automatic Number Plate Recognition.

Bila pengguna jalan melakukan pelanggaran, maka pihak Kepolisian akan mengirimkan surat tilang kepada pemilik kendaraan. Jika denda tidak dibayarkan, maka STNK akan diblokir sehingga tidak bisa diperpanjang. Perpanjangan STNK baru bisa dilakukan bila denda tilang sudah dibayarkan.

Selain Surabaya dan Jakarta, Semarang pun merupakan salah satu kota yang telah menerapkan tilang elektronik. Uji cobanya sendiri baru dilakukan pada tanggal 14 Januari 2020 dan dijadwalkan akan berlangsung selama dua minggu. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang