Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Turki Ingin Punya Mobil Nasional

Berita Otomotif

Turki Ingin Punya Mobil Nasional

ISTAMBUL - Ada banyak cara bila sebuah negara ingin memiliki mobil nasional. Mengembangkannya dari awal, atau membeli paten yang saudah ada. Turki memilih yang kedua, mereka membeli paten dari Saat 9-3.

Membeli paten yang sudah ada memang lebih mudah dan cepat. Sebab bila mengembangkan mobil dari awal, butuh waktu lebih dari satu dekade.

Langkah ini dilakukan pemerintah Turki yang ingin memproduksi kendaraan nasional sendiri. Untuk itu, negara ini pun bekerja sama dengan National Electric Vehicle Sweden (NEVS), perusahaan yang mengakuisisi aset Saab pada 2012.

Pejabat Turki telah mengkonfirmasi bahwa dasar untuk mobil nasional Turki adalah Saab 9-3. Namun tatnpa nama Saab.

"Kami membeli hak kekayaan intelektual Saab 9-3, tapi tidak namanya," Menteri ilmu pengetahuan, industri dan teknologi Turki, Fikri Isik di Autocar.

"Merek mobil akan menjadi merek Turki; bukan Saab. Kami akan mengembangkan teknologi di Turki. Minimal 85% dari bagian-bagian mobil akan diproduksi di Turki," tambahnya.

Belum diketahui bagaimana rupa dan spesifikasi mobil nasional Turki ini kelak. Ada yang mengatakan kalau mobil tersebut akan menggunakan tenaga listrik yang teknologinya sudah dikembangkan oleh NEVS.

Diperkirakan, mobil itu akan bisa dijual di Turki pada 2020 mendatang. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang