Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Resmi Meluncur

Berita Otomotif

Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Resmi Meluncur

STTUTGART - Mercedes-Benz Trucks resmi meluncurkan perdana truk listrik mereka, eActros.

Mercedes-Benz Trucks mengklaim bahwa kendaraan ini telah melalui beragam pengujian di sejumlah jalan di Eropa. Tak tanggung-tanggung, pengujian bahkan sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu.

“eActros dan layanan khususnya adalah langkah besar bagi Mercedes-Benz Trucks dan bagi pelanggan kami untuk menuju transportasi yang netral CO2,” ungkap Karin Rådström, Member of the Board of Management di Daimler Truck AG.

Teknologi yang paling diunggulkan oleh eActros adalah unit penggerak dengan dua motor listrik terintegrasi bersama dengan transmisi dua kecepatan. Kedua motor tersebut diklaim memberikan kenyamanan berkendara dan karena tak memiliki suara maka truk tidak akan menggangu masyarakat saat berkendara di malam hari.

Mercedes-Benz Trucks resmi meluncurkan perdana truk listrik mereka, eActros

eActros mendapatkan daya dari tiga atau empat paket baterai yang masing-masingnya berkapasitas 105 kWH. Dengan ini maka kapasitas baterai secara keseluruhan bisa mencapai 420 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 400 Km. Mercedes-Benz Truck pun telah memastikan bahwa waktu pengisian baterai tidak akan memakan waktu lama.

Tak hanya teknologi, Mercedes-Benz Trucks pun juga telah menyematkan beragam fitur keselamatan aktif. Fitur-fitur yang disematkan pun terbilang sangat menarik karena tidak sedikit dari fitur tersebut yang hanya bisa ditemukan di mobil-mobil premium.

Fitur-fitur keselamatan tersebut diantaranya adalah MirrorCam, Sideguard Assist S1R atau Active Brake Assist (ABA) generasi kelima dengan deteksi pejalan kaki dan sebagainya. Tentu ini akan sangat memudahkan pengemudi untuk memastikan perjalanan mereka lebih aman.

Truk ini akan diproduksi di pabrik mereka di Wörth am Rhein. Beragam persiapan pun sudah dilakukan untuk memastikan masyarakat tidak perlu menunggu lama akan ketersediaan kendaraan komesial ini.

Namun untuk awalan, hanya ada 12 negara yang akan mendapatkan kendaraan komersial ini. Ke-12 negara tersebut adalah Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia.

Mercedes-Benz Trucks pun memastikan bahwa pihaknya juga tetap akan fokus untuk menyasar negara-negara lain. Namun untuk menuju hal tersebut, perlu persiapan yang lebih matang agar tidak mengecewakan pelanggan. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar