Transmisi Mobil-Mobil Hybrid Toyota Punya Gigi B, Ternyata Ini Fungsinya

Berita Otomotif

Transmisi Mobil-Mobil Hybrid Toyota Punya Gigi B, Ternyata Ini Fungsinya

BANYUWANGI - Selain gigi P, R, D dan N ternyata ada gigi B di tuas transmisi otomatis mobil-mobil hybrid terkini Toyota.

Toyota hingga saat ini sudah menjual empat model hybrid di Indonesia yaitu Alphard, All-New Camry, C-HR, serta All-New Corolla Altis. Tiga model yang disebutkan terakhir meluncur secara berurutan pada 2019.

Pada tiga model ini pula lah ada penampakan gigi B di tuas girboks otomatisnya. Ternyata, gigi itu berfungsi agar pengisian daya baterai listriknya dapat lebih cepat.

Seperti diketahui, tenaga baterai mobil hybrid Toyota bisa mendapat asupan daya dari dua sumber. Pertama adalah dari mesin, sedangkan yang kedua adalah dari tenaga yang terbentuk dari deselerasi saat mobil meluncur tanpa menginjak pedal rem atau dari pengereman.

“Saat mobil deselerasi, tenaga yang terbuang disalurkan untuk pengecasan baterai. Gigi B itu gunanya untuk optimalkan pengisian,” ucap Fauzon Saptadi selaku Head of Service Bengkel Auto2000 Banyuwangi pada Rabu (9/10/2019).

Fauzon berbicara di sela-sela test drive mobil-mobil hybrid Toyota dengan rute Banyuwangi - Bali pada 9 - 11 Oktober mendatang. Selain menampilkan empat model yang sudah eksis di Tanah Air, ada pula Prius PHEV yang rencananya meluncur di akhir tahun ini dan memiliki pula gigi B di tuas transmisinya.

Dengan fungsi seperti yang sudah dipaparkan, Fauzon menyarankan gigi B pada mobil hybrid Toyota dipasang saat mobil melaju di turunan. Pengemudi dapat pula memosisikan tuas transmisi di sana ketika mobil mendapatkan momentum untuk meluncur tanpa menekan pedal gas di lintasan lurus.

Tak Bisa Terus-Menerus
Ada satu hal dari gigi B yang membuat pengemudi sebaiknya tak meletakkan tuas transmisi di posisi itu terus-menerus. Dimas Azka selaku Head of Media Relations PT. Toyota Astra Motor (TAM), menambahkan bahwa gigi B memberikan efek serupa engine brake.

Pasalnya, demi menambah kecepatan asupan daya ke baterai, gigi B akan menyalakan mesin secara terus-menerus dan mematoknya untuk selalu ada di putaran rendah.

Dengan demikian, baterai memang mendapat asupan daya dari dari dua sumber secara bersamaan yakni mesin plus deselerasi. Tapi, efeknya adalah penghematan konsumsi BBM justru tak bisa semaksimal ketika sistem mengatur sendiri pengecasan.

Perjalanan test drive lima mobil hybrid Toyota sendiri, menurut Andri Widiyanto selaku Deputy Division Head Marketing Planning Division PT. Toyota Astra Motor (TAM), bakal menempuh jarak total sekitar 376 km. Total waktu perjalanan dengan menggunakan kendaraan mencapai sekitar 15 jam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support