Toyota Ungkap 3 Kekhawatiran Konsumen Soal Mobil Hybrid

Berita Otomotif

Toyota Ungkap 3 Kekhawatiran Konsumen Soal Mobil Hybrid

BANYUWANGI - Toyota mengatakan ada 3 hal yang membuat konsumen masih ragu untuk membeli mobil hybrid.

Indonesia segera memasuki era mobil listrik setelah Presiden Joko Widodo merilis aturan berisikan 17 insentif untuk teknologi tersebut pada Agustus 2019. Para pabrikan kini masih menunggu aturan-aturan turunan dan berbagai kementerian terkait.

Toyota sudah memilih untuk fokus pada mobil hybrid--yang memadukan sistem penggerak listrik dengan mesin konvensional--sebelum bertransisi ke mobil listrik murni. Namun, ada tiga aspek membuat para konsumen masih ragu membeli mobil listrik, khususnya mobil hybrid. Pertama, menurut Andri Widiyanto selaku Deputy Division Head Marketing Planning Division PT. Toyota Astra Motor (TAM), adalah harga.

“Harga masih menjadi konsiderasi juga buat mereka. Sekarang, kan, masih ada gap yang agak besar (antara varian mobil konvensional dengan mobil hybrid pada model yang sama,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela test drive 5 mobil hybrid Toyota pada Rabu (9/10/2019) di Banyuwangi.

Andri mencontohkan bahwa selisih tipe hybrid C-HR dengan versi konvensionalnya adalah Rp 30 juta. Lalu, All-New Corolla Altis berbeda Rp 70 juta. Sementara, All-New Camry mencapai Rp 160 juta.

Tapi Andri mengaku selisih ideal antara kedua tipe kendaraan ini tidak bisa disamaratakan untuk setiap segmen. Sebagai buktinya, Camry hybrid masih menjadi model paling laku, padahal selisihnya cukup besar.

“Jadi setiap segmen bisa beda-beda penerimaannya,” tukas dia.

Pertimbangan kedua performa berkendara. Konsumen masih takut ada yang hilang dari sensasi berkendar mulai dari performa dan berbagai hal lain.

Sementara ketiga adalah pada sisi layanan purnajual. Akibat pengetahuan yang masih kurang, ada konsumen yang mengkhawatirkan perawatannya lebih merepotkan serta lebih mahal dalam jumlah yang signifikan.

“Kami bisa buktikan bahwa perawatan mobil hybrid tidak berbeda dengan yang non-hybrid,” tandasnya di awal acara.

Toyota kini menjual empat model hybrid di Tanah Air. Ada Alphard, All-New Camry, C-HR, serta All-New Corolla Altis.

Merek asal Jepang ini sudah memberikan garansi baterai lithium-ion hingga 5 tahun atau 150 ribu km. Ke-322 bengkel resmi mereka pun telah mampu melayani sevis dan perbaikannya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support